Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 14 Jan 2022 13:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kala Lahan Bekas Tambang Pasir Disulap Jadi Taman Wisata di Yogyakarta

Taman Tresno Jasa Marga
Taman Tresno Jasa Marga. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Jadi Rest Area Agrowisata Kelengkeng

Taman Tresno Jasa MargaTaman Tresno Jasa Marga. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Hadirnya Taman Tresno Jasa Marga sejatinya merupakan pelengkap dari agrowisata Buah Klengkeng yang sudah terlebih dulu ada di Dusun Dukuh. Agrowisata ini pertama kali dikembangkan pada 2017 silam. Penggagasnya pun sama, yaitu Purdianto.

"Sebenarnya ini merupakan pengembangan dari kawasan Agrowisata Kelengkeng di Dukuh. Jadi saya dulu ajukan proposal bantuan ke Jasa Marga untuk penanaman buah kelengkeng. Tak disangka ternyata itu disetujui dan pada 2017 tempat ini jadi perkebunan kelengkeng," ucap Purdianto.

Purdianto menjelaskan total lahan perkebunan kelengkeng di Dusun Dukuh mencapai 1 hektar yang bidang tanahnya terpisah di sejumlah titik. Kebun tersebut dikelola oleh warga masyarakat dan kelompok tani.

"Dari Jasa Marga kami dapat bantuan ribuan bibit kelengkeng, yang kemudian ditanam oleh masyarakat sini, selain itu juga dibentuk kelompok tani khusus pengelola kebun kelengkeng," ujarnya.

Purdianto menjelaskan sejak awal dikembangkan, kebun kelengkeng ini diproyeksikan menjadi agrowisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wijimulyo, khususnya Dusun Dukuh. Sehingga masyarakat bisa dapat pemasukan lain di samping penjualan hasil panen kelengkeng.

"Memang sejak awal kami konsep jadi agrowisata, nah kemudian berkembang dengan dihadirkannya Taman Tresno Jasa Marga. Fungsi taman ini nantinya jadi semacam rest area bagi wisatawan petik buah kelengkeng," ucapnya

Purdianto mengatakan Taman Tresno Jasa Marga masih akan terus dikembangkan. Ke depan pihaknya berencana memperluas taman dan menambah fasilitas penunjang wisata seperti Outbound hingga camping ground

"Kami ada rencana tahun ini memperluas taman, dan menambah fasilitas lain seperti outbond dan camping ground. Sehingga nanti lokasi ini tak hanya buat nongkrong atau penyewaan tempat weeding saja, tetapi juga lebih dari itu, menjadi kawasan agrowisata terpadu," ucapnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala Dusun Dukuh, Sunardi mengatakan hadirnya Taman Tresno Jasa Marga yang merupakan pelengkap dari Agrowisata Kelengkeng berdampak signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Sebab, masyarakat bisa terlibat langsung dalam pengelolaan tempat ini, sehingga kecipratan untung.

"Dari masyarakat memang sangat mendukung hadirnya agrowisata dan taman ini, karena banyak dari warga yang bisa terlibat mengelola tempat ini, mulai dari tukang parkir, juru masak dan yang terkait dengan pengelolaan wisata," ucapnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pemandangan Taman Bekas Lahan Tambang Pasir di Yogya"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA