Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2022 07:32 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngabuburit Asyik di Jakarta Pusat, ke Mana Aja?

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, bertemakan Kapal Pinisi menjadi ikon baru di DKI Jakarta. Tak hanya pejalan kaki, pesepeda juga ramai memadati area JPO pagi ini
Foto: Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, bertemakan Kapal Pinisi menjadi ikon baru di DKI Jakarta. Tak hanya pejalan kaki, pesepeda juga ramai memadati area JPO pagi ini
Jakarta -

Saat menunggu waktu berbuka, ada banyak kegiatan yang bisa traveler lakukan. Mulai dari ke tempat instagramable hingga beli jajanan takjil.

Biasanya, masyarakat menghabiskan waktu sore untuk berjalan-jalan santai sambil menunggu waktu berbuka.

Nah, untuk traveler yang mau ngabuburit di Jakarta Pusat, berikut rekomendasinya:

1. JPO 'Kapal Pinisi'

JPO Pinisi menjadi spot baru yang ramai dikunjungi wisatawan. Tempatnya yang instagramable begitu menarik untuk didatangi.

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, bertemakan Kapal Pinisi menjadi ikon baru di DKI Jakarta. Tak hanya pejalan kaki, pesepeda juga ramai memadati area JPO pagi iniJembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, bertemakan Kapal Pinisi menjadi ikon baru di DKI Jakarta. Tak hanya pejalan kaki, pesepeda juga ramai memadati area JPO pagi ini Foto: Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, bertemakan Kapal Pinisi menjadi ikon baru di DKI Jakarta. Tak hanya pejalan kaki, pesepeda juga ramai memadati area JPO pagi ini

Tempat ini pun bisa traveler datangi untuk berfoto-foto sambil menunggu waktu berbuka. Tepatnya, jembatan ini berlokasi di Jalan Sudirman, Karet, Jakarta Pusat.

Jembatan yang baru diresmikan pada bukan Maret lalu ini memang dibangun untuk sarana penyeberangan dan memberikan pengalaman bagi masyarakat saat melihat kota Jakarta. Traveler sudah pernah ke JPO Pinisi?

2. Pasar Benhil

pasar takjil Benhil tetap jadi primadona warga Jakarta.pasar takjil Benhil tetap jadi primadona warga Jakarta. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Pasar Benhil atau Bendungan Hilir biasanya menjadi incaran bagi traveler ngabuburit. Pasalnya, banyak jajanan takjil yang begitu menggoda untuk dibeli.

Beragam makanan dan minuman ditawarkan oleh penjual. Mulai dari aneka gorengan, kolak, kue basah hingga makanan berat seperti sate padang hingga hingga nasi kapau.

Pasar ini tepatnya berada di Jalan Bendungan Hilir, Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

3. Masjid Istiqlal

Jemaah wanita Masjid Istiqlal menunggu waktu buka puasa, Minggu (3/4/2022).Jemaah wanita Masjid Istiqlal menunggu waktu buka puasa, Minggu (3/4/2022). Foto: Jemaah wanita Masjid Istiqlal menunggu waktu buka puasa. (Karin/detikcom)

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini juga bisa menjadi tempat ngabuburit. Bahkan ada beberapa pendatang yang berasal dari luar Jakarta.

Traveler bisa berwisata religi atau menunggu waktu berbuka dengan membaca Al quran. Masjid ini juga telah membuka kegiatan buka puasa bersama untuk umum setelah ditiadakan tahun lalu.

Nah, setelah berbuka, traveler bisa menunaikan ibadah salat maghrib, isya hingga tarawih di masjid ini. Tertarik untuk ngabuburit di Masjid Istiqlal?

4. Taman Menteng

Sejumlah anak bermain di air mancur Taman Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2019). Anak anak ini dalam rangka mengisi hari libur sekolahnya.Sejumlah anak bermain di air mancur Taman Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2019). Anak anak ini dalam rangka mengisi hari libur sekolahnya. Foto: Lamhot Aritonang


Taman Menteng juga bisa menjadi tempat bersantai di sore hari. Destinasi ini berada di tengah kota dan menjadi lokasi yang asri di antara gedung bertingkat.

Terdapat aneka macam tanaman dan pepohonan dengan penataan yang sedemikian rupa. Nah untuk traveler yang mau ngabuburit, di sini pun ada banyak pedagang kaki lima yang menyediakan santapan berbuka.

5. Taman Suropati

Dua orang pengunjung membaca buku di perpustakaan mini Taman Suropati, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). Jakarta ditetapkan sebagai 'City of Literature' atau Kota Sastra Dunia dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif jaringan kota kreatif dunia atau 'UNESCO's Creative City Network tahun 2021' oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.Dua orang pengunjung membaca buku di perpustakaan mini Taman Suropati, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). Jakarta ditetapkan sebagai 'City of Literature' atau Kota Sastra Dunia dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif jaringan kota kreatif dunia atau 'UNESCO's Creative City Network tahun 2021' oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT

Masih di daerah Menteng, traveler bisa menemukan taman kota lainnya, yaitu Taman Suropati. Tempat ini juga bisa jadi lokasi yang cocok untuk ngabuburit.

Tamannya yang rindang pepohonan bisa membuat traveler betah berlama-lama. Uniknya di taman ini juga ada perpustakaan mini yang memiliki koleksi buku sastra. Jadi, sambil menunggu waktu berbuka, traveler bisa bersantai sambil membaca buku.



Simak Video "Berburu Menu Buka Puasa di Kawasan Kuliner BKT"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA