Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2022 10:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nyepur dan Gowes Seli ke Bukit Patiayam dan Terlempar ke Masa lalu

Dwi Ari Setyadi
detikTravel
Bukit Patiayam, Kudus
Situs Patiayam Kudus (Dwi Ari Setyadi for detikcom)
Kudus -

Hanya sepelemparan batu berbelok ke utara dari ruas jalan utama Pantura Jawa Tengah antara Kudus dan Pati, bersemayam Perbukitan Patiayam. Seolah masuk mesin waktu terlontar jauh ke masa silam.

Barisan bukit di lereng Gunung Muria ini merupakan situs purbakala dengan temuan fosil relatif utuh dan lengkap, bahkan bila dibandingkan dengan Situs Sangiran di Sragen yang lebih moncer sekalipun.

Bukit Patiayam, KudusRumah jadul Patiayam Adventure, Kudus (Dwi Ari Setyadi for detikcom)

Primadona temuan di area ini adalah fosil gading gajah purba dalam ukuran sangat besar. Tak heran bila patung gajah menjadi ikon di pintu gerbang Museum Purbakala Patiayam dan gerbang masuk desa wisata di Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Pada masa penjajahan, area perbukitan daerah ini pun menjadi elemen penting dalam perang.

"Banyak sekali gua yang dibangun tentara Jepang di sekitar sini. Kami hafal letaknya karena dulu merupakan tempat bermain saat menggembala kerbau," tutur Karmin yang bertemu usai ziarah leluhur di sekitar Surau Gondhang Pandean, Minggu (27/3/2022) pagi.

Sayangnya pada era reformasi, rimbunnya hutan di perbukitan ini menjadi sasaran pembalakan liar. Musibah pun tak terelakkan, mengancam jiwa. Longsor melanda beberapa bukit, 2004.

"Sekitar 50 KK di Bukit Slumprit direlokasi ke desa tetangga," kata Karmin yang keluarganya juga ikut pindah.

Bukit Patiayam, KudusPetunjuk menuju Goa Jepang Foto: Dwi Ari Setyadi for detikcom

Di pengujung pandemi, Desa Terban berharap menggeliat kembali melalui wisata petualangan bertajuk Patiayam Adventure yang telah bermula sejak 2019. Rute turunan dan tanjakan menyusuri jalan berbatu makadam memang lebih cocok menggunakan mobil off-road bukan sepeda lipat, hehehe...

Hebatnya, kegiatan wisata ini pun mendorong tetamu untuk ikut menanam pohon sebagai upaya menghijaukan kembali Perbukitan Patiayam.

Asyiknya lagi, Paket Wisata Patiayam Adventure kini bisa dengan mudah dipesan via pandooin.com, situs penjualan paket wisata berbasis desa di Nusantara.

Yuk, tunggu apalagi...



Simak Video "Terobos Palang Perlintasan, Pemotor di Karawang Tewas Disambar Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA