Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2022 14:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Megah! Rest Area Skybridge Pertama Indonesia Ada di Jawa Tengah

bonauli
detikTravel
Bila melintasi Tol Trans Jawa arah Semarang-Solo, jangan lupa mampir di rest area ini. Megah dan Indah kesan yang dirasakan saat singgah di Resta Pendopo 456 Salatiga.
Resta Pendopo (Rachman_punyaFOTO)
Semarang -

Bulan Ramadan begitu identik dengan tradisi mudik. Untuk kamu yang mau mudik ke Jawa Tengah, rasanya rest area yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Resta Pendopo 456, tempat istirahat di Tol Semarang-Solo KM 456. Berbeda dengan rest area lainnya, Resta Pendopo 456 memiliki penampilan yang megah.

Bangunannya diadaptasi dari rumah adat tradisional masyarakat Jawa, Joglo. Ada lima bangunan yang menjadi lambang dari dari lima gunung yang ada di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Ungaran.

Yang membuat rest area ini makin unik adalah fasilitas skybridge yang menghubungkan dengan rest area lain di seberang jalan. Ya, rest area ini berhadap-hadapan dengan jembatan kaca sebagai penghubung.

Resta PendopoSkybridge Resta Pendopo Foto: (Bonauli/detikcom)

Dari atas skybridge, pengunjung bisa melihat langsung ke arah gunung dan kendaraan yang melaju dari dua sisi. Skybridge juga jadi tempat yang bagus untuk berfoto.

Resta Pendopo 456 menjadi rest area skybridge pertama di Indonesia yang bergaya Jawa Tengah. Ini sudah menjadi keunikan tersendiri bagi Resta Pendopo 456.

Selain skybridge, desain dalam rest area ini juga sangat apik. Bangunan ini juga ramah disabilitas, karena ada tangga dan lift yang disediakan.

Taman-taman kecil dibuat di sudut area untuk membuat suasana semakin hijau. Musala, toilet dan area terbukanya bikin pengunjung tambah betah istirahat di sana.

Bila melintasi Tol Trans Jawa arah Semarang-Solo, jangan lupa mampir di rest area ini. Megah dan Indah kesan yang dirasakan saat singgah di Resta Pendopo 456 Salatiga.Resta Pendopo Foto: Rachman_punyaFOTO

Lelah pasti hilang, begitu juga dengan lapar. Sembari istirahat kamu bisa wisata kulineran makanan Jawa Tengah.

Resta Pendopo 456 merangkul UMKM dari berbagai kota Jawa Tengah, seperti Semarang, Salatiga, Boyolali sampai kabupaten di sekitar area tol. UMKM menempati sekitar 70 persen ekosistem rest area ini. Sisanya adalah nama-nama besar seperti Starbuck, Solaria, Tong Tji dan Kopi Banaran.



Simak Video "Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Rest Area Tipe A, B, dan C"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA