Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Apr 2022 18:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Ngabuburit di Jakarta Barat? Ini 5 Rekomendasinya!

Kota Tua
Foto: Kawasan Kota Tua (Ria Rahmawati/d'travelers)
Jakarta -

Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat sebelum berbuka. Mulai dari jalan-jalan santai sampai cari makanan ringan.

Jakarta barat punya beberapa tempat yang cocok buat ngabuburit. Dikumpulkan detik Travel dari berbagai sumber, Jumat (8/4/2022), berikut rekomendasinya!

1. Kota Tua

Kawasan Kota Tua bisa jadi tempat alternatif untuk ngabuburit. Traveler bisa bersantai bersama teman atau keluarga di lapangan luas di depan Museum Fatahillah.

Berlokasi di Taman Fatahillah, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat kawasan kota tua telah dibuka kembali setelah sempat ditutup akibat pandemi. Traveler bisa kembali melihat bangunan kolonial belanda sampai main sepeda ontel.

Kota TuaKota Tua Foto: Ria Rahmawati/d'travelers

Melihat instagram Konsorsium Kota Tua Jakarta, kawasan ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00. Sementara museumnya dibuka sampai 08.00-16.00. Ada juga berbagai tempat makan untuk traveler berbuka puasa.

2. Taman Cattleya

Mengutip situs Jakarta Tourism, taman seluas 31 ribu meter persegi ini berhadapan langsung dengan Mal Taman Anggrek, Tomang, Jakarta Barat. Taman Cattleya memiliki berbagai jenis tanaman hias dan pohon besar seperti jenis trembesi, beringin, kecrutan, yangliu dan glondongan tian.

Salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta terletak di kawasan Tomang. Ruang terbuka hijau itu bernama Taman Cattleya.Salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta terletak di kawasan Tomang. Ruang terbuka hijau itu bernama Taman Cattleya. Foto: Rifkianto Nugroho

Tercatat ada 948 pohon dan tanaman hias di taman kota ini. Tak heran jika destinasi ini dijuluki sebagai taman instagramable yang sering jadi area hunting foto.

Nah, taman ini bisa traveler datangi untuk bersantai sambil menunggu waktu berbuka.

3. Jembatan Kota Intan

Jembatan tertua di Indonesia yakni Jembatan Kota Intan di kawasan Kota Tua, Jakbar, bakal dipercantik.Jembatan tertua di Indonesia yakni Jembatan Kota Intan di kawasan Kota Tua, Jakbar, bakal dipercantik. Foto: Rifkianto Nugroho

Menurut situs Dinas Kebudayaan Jakarta, Jembatan Kota Intan merupakan salah satu cagar budaya di Jakarta. Masih berada di dalam kompleks kota tua, jembatan ini pun tak jarang didatangi wisatawan untuk berfoto-foto.

Ada sejarah kelam yang dimilki Jembatan Intan. Ternyata, jembatan ini menjadi saksi pembantaian ibuan orang Tionghoa oleh Pejabat VOC, kemudian sungai yang ada di bawah jembatan bernama Kali Bangke atau Angke. Konon air sungainya sampai berubah menjadi merah karena darah.

Namun pada tahun 1937, jembatan ini dipugar oleh pemerintah kolonial Belanda dan kembali dipugar pada tahun 2000 oleh Pemrov DKI Jakarta. Tertarik ngabuburit di Jembatan Kota Intan?

Selanjutnya, bersantai di hutan kota dan bukber ditemani ikan

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA