Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Apr 2022 11:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ternyata Ada Masjid Bergaya Tionghoa di Bandung, Dulunya Bekas Mal

Wisma Putra
detikTravel
Masjid bergaya Tionghoa di Bandung.
Foto: Masjid bergaya Tionghoa di Bandung (Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Sepintas dari luar, Masjid Al Imtizaj di Bandung ini tampak sederhana. Arsitekturnya bergaya Tionghoa dan menempati bangunan bekas mal. Bagaimana kisahnya?

Siang itu, azan zuhur berkumandang dengan lantang. Sejumlah warga Bandung di sekitar Jalan ABC, Bandung langsung menghentikan aktivitasnya, lalu pergi menunaikan salat di Masjid Al-Imtizaj.

Masjid Al-Imtizaj merupakan salah satu dari beberapa masjid di Kota Bandung yang memiliki arsitektur bergaya Tionghoa. Masjid ini dominan berwarna merah, dipadukan dengan warna emas dan kuning,khas Tionghoa banget.

Ornamen penghias yang ada di masjid ini juga unik. Terdapat kaligrafi Arab dan ada juga tulisan aksara China hingga lampion.

Masjid ini terdiri dari dua lantai. Lantai satu digunakan jemaah pria dan lantai dua digunakan untuk jemaah wanita. Meski terlihat kecil, masjid ini menampung hingga 200 orang jamaah.

Masjid bergaya Tionghoa di Bandung.Masjid bergaya Tionghoa di Bandung. Foto: Wisma Putra

Pengurus DKM Masjid Al-Imtizaj, Anen mengatakan, masjid ini didirikan Tahun 2008 lalu. Masjid ini berdiri di dalam bangunan bekas Mal Matahari.

"Sejarahnya masjid ini, mulai dibangun 2008, selesai Tahun 2010 dan langsung dibuka. Dulu ini bekas mal Matahari," kata Anen kepada detikJabar, beberapa waktu lalu.

Anen berujar, awalnya masjid ini didirikan sebagai tempat mualaf atau warga yang hendak masuk islam. Namun, dalam beberapa tahun terakhir sudah jarang dan masjid ini gunakan masyarakat umum untuk beribadah.

Masjid Al-Imtizaj biasa digunakan untuk salat Jumat dan di bulan Ramadan seperti sekarang digunakan untuk menunaikan salat tarawih berjamaah.

---

Artikel ini sudah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Melihat Masjid Perahu di Tebet dan Al-Qur'an Besar Bersampul Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA