Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 11:50 WIB

D'TRAVELERS PHOTOS

Unik! Ibu Kota Provinsi Ini Berpindah Tergantung Musim

Ovi Norfiana
d'travelers
Foto 8 dari 9
Pheran pakaian khas musim dingin dan Kangri pemanas portabel
Pheran pakaian khas musim dingin dan Kangri pemanas portabel
detikTravel Community - Pada pertengahan Februari 2019 saya berkesempatan mengunjungi Kashmir. Terletak di bagian selatan India, wilayah Kashmir cukup unik karena merupakan perbatasan tiga negara yaitu India, Pakistan dan China.

Ibu kotanya berpindah tergantung musim, musim dingin di Jammu dan musim panas di Srinagar. Kedatangan saya bertepatan dengan musim dingin.

Dua jam menempuh perjalanan udara dari New Delhi, udara dingin menusuk menyambut di Bandara Srinagar. Saya memutuskan menginap di houseboat di Danau Dal yang luas dan konon katanya memuat ribuan houseboat.

Suasananya sungguh penuh kekeluargaan, kita bisa melihat aktivitas memasak di dapur yang sangat bersih, bisa meminjam pakaian penghangat tradisional mereka yang disebut pheran, dan bisa menumpang menghangatkan diri dengan pemanas portable yang mereka sebut Kangri.

Di sela-sela waktu sempatkan berkeliling Danau Dal dengan perahu yang disebut Shikara. Indah sekali.

Saya sempat mengunjungi Pahlagam yang berjarak sekitar 52 km dari Srinagar dan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Betaab Valley di Pahalgam sungguh indah, pucuk-pucuk cemara yang berselimut salju, sungai yang membelah di sela-sela salju tebal.

Saya juga berkunjung ke Gulmarg, yang agak lebih jauh kurang lebih 82 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Di sini saya berkesempatan naik gondola yang katanya adalah The Highest Gondola on Earth.

Pemandangannya menyerupai lokasi ski di Swiss. Tak lupa mengunjungi Pari Mahal dengan tamannya yang indah berselimut salju. Sungguh sekeping surga yang tak terlupa, dan traveler, ingatlah semua ini berada di Asia bukan Eropa!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED