Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Mei 2020 15:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mau Nikmati Panorama Rokan Hulu dari Ketinggian, Dakilah Puncak Ranah

pajri
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tulisan besarnya Puncak Ranah yang berada di puncak
Tulisan besarnya Puncak Ranah yang berada di puncak
detikTravel Community -

Puncak Ranah dengan ketinggian 900 MDPL berada di kawasan hutan lindung Bukit Suligi, Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu. Setiap pekan destinasi ini selalu diserbu oleh para pendaki.

Puncak Ranah seakan menjadi magnet alam yang mampu menyedot ribuan pengunjung setiap bulannya sejak dikelolah oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Komunitas Pecinta Alam Koto Ranah (KPA-KR). Pihak pemerintah Desa Koto Ranah sudah memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada pokdarwis.

Demi menjaga keasrian lokasi wisata Puncak Ranah, pokdarwis membuat peraturan serta menghimbau kepada para pengunjung untuk tidak mencoret batu-batu dan pohon yang ada di sana. Pendaki dilarang membawa minum keras dan narkoba, sajam, membuang sampah sembarang, berbuat asusila dan melarang laki-laki serta perempuan tidur dalam satu tenda.

Untuk sampai ke Puncak Ranah dibutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan dari Base Camp KPA-KR dengan melewati spot-spot yang unik. Jalur Pendakian dimulai dari Pos Sungai Samati Kiri selanjutnya melewati spot Batu Singkiu, Kayu Cunduong, Pendakian Sakonco, Lumuik Kasu, Batu Kembar Tak Jodoh/Batu Kombou, Batu Unciong, Batu Pelaminan, dan Puncak Ranah.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA