Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mei 2015 10:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Museum Ini Punya Bukti Bahwa Cantik Itu Menyakitkan

Faela Shafa
detikTravel
Kaki kecil tanda kecantikan di Tiongkok (CNN)
Kaki kecil tanda kecantikan di Tiongkok (CNN)
Melaka - Mungkin, banyak yang tidak menyadari pengorbanan perempuan untuk tampil cantik. Di Melaka, Malaysia ada Museum Enduring Beauty yang menampilkan kecantikan dari beragam negara. Ternyata, tampil cantik itu bisa menyakitkan.

Di lantai 3 People's Museum, ada Museum of Enduring Beauty. Seperti namanya, museum ini bertujuan untuk memberi pengetahuan bahwa kriteria cantik itu berbeda-beda. Ditengok dari situs resmi Museum Melaka, Kamis (21/5/2015), contoh kecantikannya mulai dari zaman dahulu hingga modern.

Seperti contoh, ada yang merasa cantik adalah dengan kulit yang ditato. Ada pula yang merasa cantik jika kakinya dibentuk seperti genggaman tangan.

Di Tiongkok pada zaman dahulu, kriteria cantik berdasarkan ukuran telapak kaki. Dijelaskan dalam info di museum, anak bayi perempuan sudah dibebat kakinya dari mereka lahir. Sehingga pertumbuhan tulang kakinya akan seperti bentuk bebatnya. Tak ayal, jari-jari mereka menyatu, telapak kaki mereka hanya sekecil genggaman tangan.

Untuk di Myanmar, takaran kecantikannya ada di leher. Bukan leher yang jenjang melainkan leher yang panjang karena dipasang kalung emas selebar lingkar leher.

Masih banyak lagi definisi cantik yang dilakukan para wanita di seluruh dunia yang bisa dilihat di sini. Beberapa yang paling aneh adalah memasang piring di bibir dan membolongi telinga dan diisi piringan lebar.

Selesai dari sana, Anda pun bisa menarik kesimpulan betapa beragamnya definisi kecantikan yang tercipta di dunia. Sehingga, tak selamanya yang mulus dan putih adalah mutlak cantik. Malahan, definisi cantik tersebut lebih menyakitkan untuk perempuan.

Penasaran? Anda bisa melangkah ke Jl Kota di Bandar Hilir, Melaka, Malaysia. Museum ini buka setiap hari kecuali Selasa dari pukul 09.00-18.00 waktu setempat. Tiket masuknya hanya sekitar Rp 8 ribu saja.



(Faela Shafa/Fitraya Ramadhanny)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED