Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Sep 2017 18:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ayo ke Hong Kong, Ada Festival Tarian Naga Api Bulan Depan

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Festival Tarian Naga Api di Hong Kong (dok Hong Kong Tourism Board)
Festival Tarian Naga Api di Hong Kong (dok Hong Kong Tourism Board)
Hong Kong - Tahun ini Hong Kong akan kembali menyelenggarakan Festival Tarian Naga Api awal Oktober besok. Kamu bisa loh pergi bareng detikTravel ke sana.

Setiap tahun, Hong Kong menggelar Festival Tarian Naga Api atau yang memiliki nama asli Tai Hang Fire Dragon Dance. Khusus untuk tahun ini, festival itu akan diselenggarakan dari 3-6 Oktober 2017.

Lewat press release yang diterima detikTravel dari Hong Kong Tourism Board, Selasa (19/9/2017), festivalnya akan diadakan di Wun Sha Street, Tai Hang, dari pukul 20.15 hingga 22.30 waktu setempat selama empat malam full!

Sejarahnya, tradisi Tarian Naga Api telah dilakukan sejak tahun 1880 silam oleh warga Tai Hang di Hong Kong. Dahulu, Tai Hang merupakan sebuah desa Hakka yang menjadi rumah bagi para petani dan nelayan.

Namun pada abad ke-19, Desa Tai Hang sempat dilanda oleh wabah mematikan yang menewaskan banyak penghuni desa. Konon saat itu, Buddha meminta seorang penghuni desa yang sudah berumur untuk melakukan tarian naga api dan membakar kembang api saat perayaan tengah musim gugur.

Mendapat pencerahan dari Buddha, warga Desa Tai Hang pun melakukan tarian naga dan membakar kembang api seperti yang telah diinstruksikan. Siapa sangka, kalau ternyata asap kembang api malah memusnahkan wabah penyakit yang melanda desa.

Oleh sebab itu, Festival Tarian Naga Api pun rutin dilakukan dari tahun ke tahun sebagai bentuk tradisi dan penghormatan pada leluhur. Tidak hanya itu, Festival Tarian Naga Api juga menjadi kekayaan budaya tak benda Hong Kong pada tahun 2011 lalu.

 Para penampil tarian naga api (dok Hong Kong Tourism Board) Para penampil tarian naga api (dok Hong Kong Tourism Board)

Salah satu penampil Tarian Naga Api atau yang disebut Tai-Hangers, Chan Tak-fai turut berbagi pengalamannya saat festival. Walau sudah berumur 70 tahun, Chan masih begitu terampil menarikan gerakan naga api.

"Orang-orang yang besar di Tai Hang paham, kalau tampil di acara Tarian Naga Api merupakan sebuah kehormatan. Jika kamu belum mengambil bagian, maka kamu bukanlah Tai-Hanger sejati," ujar Chan.

Pengalaman lain pun juga diceritakan oleh salah satu warga Desa Tai Hang, Alan Fok Chun-fung (21). Fok yang besar di Tai Hang punya pengalaman berkesan ketika melihat festival itu saat kecil dulu.

"Saya tinggal di lantai atas, jadi saya bisa melihat Tarian Naga Api dari atas. Saya begitu terkesan akan keindahan dan pergerakan 'naga api', bahkan ibu saya sampai menyarankan untuk ikut," kenang Fok.

Faktanya, mengendalikan 'naga api' bukan perkara mudah. Naga buatan itu terdiri dari 32 bagian yang memiliki berat hingga 100 kilogram. Kepalanya sendiri memiliki berat 48 kilogram. Bisa dibayangkan dong beratnya.

Kabar baiknya, kamu pun bisa ikut melihat kemeriahan Festival Tarian Naga Api di Hong Kong bareng detikTravel. Dalam program d'Traveler Goes To Hongkong yang bekerja sama dengan Hong Kong Tourism Board, detikTravel akan memberangkatkan kamu ke Hong Kong selama 4 hari 3 malam.

Buat kamu yang mau seru-seruan di Hong Kong bareng detikTravel, bisa lihat syarat dan ketentuannya di sini. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: 5 Negara Penuh Petualangan

Jumat, 20 Okt 2017 09:25 WIB

Menurut BBC, 5 negara ini jadi tempat yang tepat bagi petualang. Makanan yang unik, destinasi cantik dan pesta semalam suntuk bisa kamu temukan!