Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Feb 2018 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Danau Membeku yang Berbahaya

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Danau Abraham di Kanada (Thinkstock)
Danau Abraham di Kanada (Thinkstock)
Calgary - Danau Abraham di Provinsi Alberta, Kanada akan memberi pengalaman tak terlupa saat musim dingin tiba. Ada fenomena gelembung beku, tetapi berbahaya

Melansir BBC Travel, Kamis (22/2/2018), Danau Abraham memperlihatkan tumpukan gelembung seperti mutiara yang terjebak di antara lapisan es. Kamu pesti terkesima saat melihatnya.

Membahas bahayanya, di musim dingin, suhu di sekitar Danau Abraham bisa turun sangat rendah. Gelembung-gelembung yang ada di danau ini berisi gas metana yang mudah terbakar.

Danau ini dikenal dengan gelembung esnya yang membeku di bawah danauDanau ini dikenal dengan gelembung esnya yang membeku di bawah danau (BBC Travel)

Seperti danau lainnya di dunia, Danau Abraham mengeluarkan gas metana sepanjang tahun. Namun, di musim dingin, proses biologis di sana membentuk fenomena yang menakjubkan yang dicari para fotografer.

Ketika bakteri di dasar danau melakukan proses pembusukan organisme yang mati, mereka mengeluarkan gas metana dan kemudian menggelembung dan mengapung ke atas. Sebelum mencapai permukaan danau, gas metana tertahan oleh cuaca dingin dan membeku membentuk bola-bola berwarna putih.

Karena kejernihan es Danau Abraham, destinasi menjadi tempat yang populer untuk melihat dan memotret formasi perubahan gas metana. Di balik kecantikannya, gelembung beku itu mudah terbakar.

Walau cantik, gelembung beku itu merupakan gas metana yang berbahaya Walau cantik, gelembung beku itu merupakan gas metana yang berbahaya (BBC Travel)

Sejatinya, metana adalah gas rumah kaca yang kuat, kira-kira 25 kali lebih efektif sebagai perangkap panas daripada karbon dioksida dalam waktu 100 tahun. Bagian es yang retak di mana gas metana bisa lolos bisa memicu ledakan besar apabila tersulut api.

Maka dari itu, traveler yang datang ke sana sudah diperingatkan untuk tidak bermain api. Ada banyak papan peringatan akan gas metana itu yang terpasang di sekitar danau.

Danau Abraham terletak di kaki Pegunungan Rocky Kanada. Membentang sejauh 33 kilometer antara Kootenay dan Nordegg, sebuah kota hantu di Provinsi Alberta.

Satu-satunya jalur yang bisa traveler tempuh saat musim dingin tiba adalah melalui Jalan Raya David Thompson. Suhu di bawah titik beku dan hembusan angin dingin akan menemani perjalanan traveler ke danau misterius ini. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED