Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Jan 2019 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Selir Raja dan Cerita Papan Pengumuman di China

Bona
detikTravel
Papan pengumuman dari China (Bonauli/detikTravel)
Jinan - Papan pengumuman sudah jadi hal umum di mana-mana. Tapi di China ada cerita menarik tentang papan pengumunan yang berhubungan dengan raja dan selirnya.

Saat berjalan-jalan di Kota Tua Baihuangzhou di Kota Jinan, Provinsi Shandong, China, ada banyak hal menarik yang bisa dijelajahi. Selain kawasan yang cantik, wisatawan juga bisa mempelajari banyak tradisi masyarakat China.

Salah satunya papan pengumuman. Iya, papan pengumuman.

Papan pengumuman di kawasan ini agak sedikit berbeda. Bukan di tulis, tapi adanya papan berisi nama seseorang, tempat atau informasi tertentu. Papan ini sangat umum ditemukan di China

Rupanya ada cerita menarik dibalik model papan pengumuman ini. Dahulu kala, raja memiliki banyak selir. Selir-selir tersebut tinggal di satu paviliun dan dipisahkan dari tempat tinggal raja.

Tiap malam, raja datang berkunjung dan tidur dengan salah satu selirnya secara bergantian.

BACA JUGA: Kisah Tembok Raksasa Tertua di China yang Ditinggalkan

Untuk mempermudah pemilihan, pengawal raja membuatkan papan pengumuman. Papan tersebut berisikan balok kecil tertera nama para selir.

Raja akan memilih nama salah satu selir yang digantung di papan pengumuman. Nama yang terpilih akan dibalik untuk sebagai penanda dipilihnya selir tersebut.

Saat nama sudah dibalik, pengawal akan berteriak kepada seluruh selir di paviliun tersebut.

Pengawal tersebut meneriakkan nama selir yang akan tidur dengan raja. Sehingga semua orang di kawasan tersebut tau bahwa raja akan menghabiskan malam dengan selir yang mana.

"Pengawal akan berteriak dengan lantang untuk memberitahu paviliun tersebut termasuk selir itu sendiri," ujar Anna, Sales Asia-Afrika China Tourism Board.

Sampai sekarang, papan pengumuman dengan tipe ini masih digunakan sebagai pemberi informasi. Bedanya tidak ada nama selir tapi beragam informasi tentang tempat tersebut. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA