Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Okt 2019 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cerita Sebuah Negara yang Terobsesi dengan Catur

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi catur (Istimewa)
Ilustrasi catur (Istimewa)
Yerevan - Negara yang jadi perbatasan Asia dan Eropa ini punya banyak hal untuk diulik. Salah satunya adalah obsesi penduduknya pada permainan catur.

Catur jadi permainan asah otak yang menantang dan sangat adiktif bagi sebagian orang. Permainan ini memang mengharuskan pemainnya untuk sabar dan berpikir lebih dalam. Tapi bukan permainannya yang akan dibahas.

Kali ini, detikcom mau membahas soal sebuah negara yang punya obsesi pada permainan catur. Negara tersebut adalah Armenia, sebagaimana diintip detikcom dari BBC.

Permainan catur di Armenia sudah ada sejak abad pertengahan. Namun permainan ini hanya dimainkan oleh lembaga elite selama Armenia menjadi bagian Uni Soviet pada awal pemerintahan.

Pada tahun 1960an, catur mulai dikenal ketika salah seorang penduduknya, Tigran Petrosian menjadi juara catur dunia. Petrosian adalah seorang grandmaster catur pada waktu itu.

Negara Ini Terobesi dengan Permainan CaturArmenia, negara yang terobsesi catur. (Rodolfo Contreras/BBC)

Karena kejuaraan ini, Armenia merasa lebih dikenal oleh masyarakat dunia. Melihatnya sebagai sebuah kesempatan, catur mulai digilai oleh penduduk Armenia.

Semakin lama, banyak penduduk Armenia yang mahir dengan permainan catur. Berbagai kejuaran catur internasional mulai didominasi oleh Armenia. Medali emas pertama diraih dalam olimpiade tahun 1992.

Bahkan banyak pemain catur mandiri yang mulai ikut dari pertandingan bergengsi dunia. Armenia mulai dipandang sebagai salah satu negara dengan grandmaster catur dunia.




Sehingga pada tahun 2011, Kementerian Pendidikan Armenia memasukan catur sebagai mata pelajaran di sekolah dasar. Mata pelajaran catur dianggap sama pentingnya dengan matematika dan sejarah.

Ini menjadikan Armenia sebagai negara pertama yang punya pelajaran catur di dunia. Mata pelajaran catur akan dipelajari oleh murid kelas 2-4 SD.

Pelajaran catur disambut dengan sangat baik oleh publik. Salah satu grandmasternya, Smbat Lputian berkata bahwa catur adalah cara terbaik untuk membangun masa depan.

Negara yang Terobesi dengan CaturIlustrasi catur. (Foto: Scott Olson/Getty Images)

Seperti yang kita ketahui, permainan catur sangatlah kompleks. Beberapa orang tua khawatir karena menurut mereka program belajar sekolah sudah cukup rumit sebelum masuknya mata pelajaran catur.

Sampai saat ini, Armenia masih terus menunjukkan kegilaannya pada catur. Tahun demi tahun, negara ini terus menghasilkan grandmaster catur dunia. Tiap warga negara yang menunjukkan bakat pada permainan catur akan dibiayai oleh negara untuk terus berlomba di ajang internasional.

Mungkin ini mengapa, orang-orang Armenia dikenal dengan cara berpikir yang dalam dan sangat kreatif.




Simak Video "Lomba Catur, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA