Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Nov 2019 19:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sejarah Shinkansen Ubah Tatanan Dunia Kereta

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Sejarah kereta cepat Shinkansen Jepang (Foto: CNN)
Sejarah kereta cepat Shinkansen Jepang (Foto: CNN)
Tokyo - Siapa tak kenal shinkansen, si kereta cepat andalan tranportasi di Jepang. Beginlah awal mula kereta peluru itu mengubah dunia perkeretaan.

Seperti diberitakan CNN, pada 1 Oktober 1964 kereta biru dan putih yang ramping meluncur melintasi Kota Tokyo. Di jalurnya itu, ia melesat ke selatan menuju Kota Osaka.

Itu adalah awal era kereta peluru Jepang, yang secara luas dianggap sebagai simbol pemulihan setalah Perang Dunia II. Bersamaan dengan Olimpiade Tokyo 1964, keajaiban teknologi tahun 1960-an ini juga menandai kembalinya Negari Sakura ke papan atas dunia internasional.


Dalam 55 tahun sejak kereta pertama, Shinkansen telah diakui secara internasional dalam hal kecepatan, efisiensi perjalanan, dan kemodernannya. Jepang tetap menjadi pemimpin dunia dalam teknologi kereta.

Konglomerat-konglomerat seperti Hitachi dan Toshiba mengekspor miliaran dolar untuk kereta api dan peralatannya ke seluruh dunia setiap tahun. Jaringan Shinkansen terus berkembang.

Jalur pertamanya yakni Tokaido 514 kilometer yang menghubungkan Tokyo-Osaka, selesai pada tahun 1964. Keretanya dapat melaju hingga 322 kph pada rute keluar dari ibu kota menuju ke utara, selatan, dan barat ke kota-kota seperti Kobe, Kyoto, Hiroshima, dan Nagano.

Selain simbol pemulihan, Shinkansen telah digunakan sebagai alat untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan di Jepang. Kereta ini pula yang menjadi agen perubahan di negara yang terikat oleh aturan ketat konvensi dan tradisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA