Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Apr 2020 23:16 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rusia Bikin Monumen Khusus Tikus Percobaan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Monumen tikus di Siberia.
Foto: (Irina Gelbukh via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
Novosibirsk -

Dalam dunia medis, tikus percobaan diketahui berjasa untuk keperluan penelitian ilmiah. Malah sampai ada monumen khusus untuk tikus percobaan di Rusia.

Di tengah perang melawan virus corona, para peneliti di seluruh dunia berjuang untuk menemukan obat dari penyakit mematikan tersebut. Adapun dalam proses pencarian obat corona, percobaan medis dilakukan ke tikus percobaan lebih dulu.

Hal itu juga yang dilakukan di Institut Sitologi dan Genetika Novosibirsk, barat daya Siberia, Rusia. Sosok tikus percobaan atau laboratorium itu pun diabadikan dalam sebuah monumen khusus.

Dilansir detikcom dari CNN, Jumat (3/4/2020), patung itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 silam. Sosoknya pun telah mengalami modifikasi dan tampak seperti tokoh animasi.

Monumen itu menggambarkan patung tikus berwujud wanita tua, lengkap dengan kacamata yang menggantung di atas hidungnya. Di tangannya ada dua jarum rajut yang sedang menguntai DNA.

Diketahui, dana pembangunannya berasal dari donasi yang dikelola institut. Ketika mulai dibangun, donasi yang terkumpul sekitar 1,7 juta rubel atau sekitar Rp 362 juta. Jumlah yang sangat fantastis pada saat itu.

"Patung ini menggabungkan sosok tikus laboratorium dan ilmuwan, karena mereka terhubung satu sama lain untuk tujuan yang sama," kata sang pemahat Andrei Kharkevich tentang desainnya.

Dikutip dari Smithsonian Magazine, kawanan tikus telah hidup bersama manusia selama sekitar 15 ribu tahun, dan sering digunakan sebagai media percobaan penelitian manusia demi mempelajari berbagai rahasia alam semesta, mulai dari kanker hingga perjalanan ruang angkasa.



Simak Video "Muslim Rusia Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA