Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Nov 2020 09:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seperti Santo yang Punya Altar, Ada Museum Maradona di Naples

Femi Diah
detikTravel
Massimo Vignati berfoto bersama ibunya Lucia pada 20 November 2019.
(Massimo Vignati bersama koleksi di Museum Maradona. AFP/ALBERTO PIZZOLI)

Asal Koleksi di Museum Maradona?

Koleksi di museum Maradona itu boleh dibilang sebagai benda-benda yang sangat pribadi. Kok bisa Vignati mengoleksi benda-benda itu?

Rupanya, Vignati salah satu orang dekat Maradona selama tinggal di Naples. Koleksi menakjubkan itu menjadi bukti ikatan erat antara Maradona dan sebuah keluarga yang menjadi berperan amat penting dari periodenya bersama Napoli selama tujuh tahun.

"Saya beruntung selama 37 tahun ayah saya menjadi juru kunci Stadion San Paolo dan ruang ganti Napoli. Sementara itu, ibu saya adalah pengurus rumah tangga dan juru masak Maradona," kata Vignati.

Adik perempuannya mengasuh putri Diego, Dalma dan Giannina. Sementara itu Vignati, sebagai seorang anak dan kemudian remaja, bisa dekat dengan Maradona lewat hubungan itu, juga karena sepakbola.

"Kami bersama Diego dari Senin sampai Minggu," kata Vignati sembari menunjukkan foto-foto apartemen Maradona di dataran tinggi Posillipo, distrik kelas atas kota.

Benda-benda yang amat Maradona itu dulunya disimpan di salah satu kamar di rumah orang tua Vignati.

Massimo Vignati berfoto bersama ibunya Lucia pada 20 November 2019.Massimo Vignati bersama koleksi di museum Maradona di Naples. Foto: AFP/ALBERTO PIZZOLI

"Ayah saya punya dua kamar. Satu untuk semua kenangan ini dan satu untuk minum kopi khas Naples yang enak," ujar dia.

"Setelah ayah saya meninggal dunia, saya membawa semuanya ke sini dan klub tahu bahwa tempat ini ada," dia menambahkan.

Vignati membuka peluang andai Napoli berniat membuka museum Maradona di Stadion San Polo. Dia bakal menyerahkan koleksi itu.

"Kalau mereka bikin museum, saya akan selalu siap. Saya berharap semuanya bisa dikembalikan ke stadion, itu adalah impian ayah saya," ujar dia.

Stadion San Paolo juga bakal menjadi amat Maradona. Wali Kota Naples, Luigi De Magistri, menginginkan Maradona diabadikan sebagai nama stadion berkapasitas 55 ribu tempat duduk itu dengan nama Stadion Diego Armando Maradona.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA