Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Mar 2021 20:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nyeleneh Banget, RS Ini Bukan untuk Manusia, Tapi Ikan

Palm Jumeirah mungkin terkenal dengan hotel bintang lima dan villa mewahnya. Tapi traveler tau kalau di sini juga ada rumah sakit ikan?
Foto: (2021 Atlantis, The Palm Dubai)

Embrio hiu karpet Arab akan berada di dalam telurnya yang dikenal sebagai 'dompet putri duyung'. Selama sembilan hingga 12 bulan mereka akan mengonsumsi kuning telur yang terkandung dalam kantung dan terus bergerak untuk mengoksidasi cairan di sekitarnya.

Kemandirian ini yang membuat mereka menjadi spesies yang layak untuk dilepas ke alam liar. Tim Atlantis bekerja sama dengan Kota Dubai untuk melepas sejumlah hiu karpet remaja ke perairan Teluk Arab setiap tahun. Hiu ini dianggap sebagai spesies yang terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Makanan menjadi hal yang diperhatikan bagi spesialis perawatan hewan di rumah sakit ini. Secara total, penghuni akuarium membutuhkan antara 350 hingga 400 kg makanan per hari.

"Di musim panas, kebutuhan kamu sedikit karena sinar matahari alami di laguna membantu pembentukan ganggang yang merupakan sumber makanan yang baik bagi sebagian penduduk kami," kata Bennett.

Tak kalah dengan manusia, makanan yang diberikan memiliki kualitas terbaik.

"Kami menyediakan berbagai macam makanan berbeda yang mencakup cumi-cumi, makarel, udang, kepiting dan lobster. Semuanya berkelas restoran, kualitas terbaik yang sama dengan yang kami sajikan untuk tamu di hotel," tambahnya.

Bahkan, sekitar 40 kg bawang putih digunakan untuk bahan makanannya di setiap bulan. Saat musim dingin, kala suhu menurun dan ganggang alami tak terbentuk dalam jumlah yang banyak, maka makanan dilengkapi dengan bayam dan selada yang kaya vitamin.

Palm Jumeirah mungkin terkenal dengan hotel bintang lima dan villa mewahnya. Tapi traveler tau kalau di sini juga ada rumah sakit ikan?Palm Jumeirah mungkin terkenal dengan hotel bintang lima dan villa mewahnya. Tapi traveler tau kalau di sini juga ada rumah sakit ikan? Foto: (2021 Atlantis, The Palm Dubai)

Nah, wisatawan bisa mengunjungi rumah sakit untuk wisata edukasi. Sambil melihat kekayaan laut yang indah, wisatawan bisa menambah pengetahuan kehidupan laut.

"Kami berusaha sebaik mungkin untuk menjelaskan kekayaan kehidupan laut di Teluk kepada para tamu karena kurangnya pengetahuan tentang perairan kami. Orang-orang mengira, karena cuaca panas, tak ada yang hidup di sini," kata Bennet.

Selain itu rumah sakit ini juga berperan untuk menyadarkan kesalahpahaman orang-orang terhadap suatu spesies yang sebenarnya tak menyeramkan. Ini juga menjadi fokus Bennet dan tim.

"Dengan menampilkan hiu karpet Arab dan hiu lain di akuarium kami, kami dapat menunjukkan kepada orang-orang bahwa ada keanekaragaman yang besar dan hiu tak harus menakutkan," ujar Bennet.

"Bagian penting dari melindungi hiu adalah menghilangkan mitos itu dan ini adalah bagian penting dari melindungi hiu adalah menghilangkan mitos itu. Ini adalah bagian penting dari peran yang kami mainkan di sini," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA