Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 13:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Terindah di Dunia, Traveler Sudah Salat di Mana? (Bagian 3)

Tim detikcom
detikTravel
masjid
Foto: Masjid Niujie, China (Neni Setyowati/d'Traveler)

23. Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badshahi dibangun pada tahun 1673 oleh raja keenam Dinasti Mughal, Aurangzeb Alamgir. Lokasinya tidak jauh dari Benteng Lahore, yang juga menjadi simbol kejayaan Dinasti Mughal.

Masjid yang punya arti nama sebagai masjid raja ini berada di Kota Lahore, Pakistan. Arsitekturnya cantik yang bangunan luar didominasi merah bata dan memiliki 8 menara. Empat menara di bagian halaman dan empatnya lagi di sisi masjidnya. Luasnya yang mencapai 9 hektar, membuat masjid ini memiliki halaman yang sangat luas serta mampu menampung sampai 100 ribu jamaah.

Tak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lhoTak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lho Foto: Istimewa/Dok. Wikipedia/Romero Maia.

24. Faisal Masjid, Pakistan

Faisal Masjid di Kota Islamabad, Pakistan masuk dalam daftar masjid terbesar di dunia yang ada di posisi ke-9. Dibangun pada tahun 1987, Faisal Masjid punya luas mencapai 5.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 300 ribu jamaah.

Faisal Masjid punya keunikan pada bagian atapnya. Jika masjid-masjid pada umumnya memiliki atap berbentuk kubah atau seperti bola, maka masjid ini bentuk atapnya seperti tenda. Sebab sang arsitek, Vedat Dalokay terinspirasi dari tenda padang pasir Suku Bedouin.

Bangunan masjid identik dengan kubah dan menara tinggi yang mengelilinginya. Namun, Masjid Faisal di Pakistan punya bentuk unik nan menarik. Penasaran?Bangunan masjid identik dengan kubah dan menara tinggi yang mengelilinginya. Namun, Masjid Faisal di Pakistan punya bentuk unik nan menarik. Penasaran? Foto: Dok. Wikipedia

25. Masjid Shah Jahan, Pakistan

Satu lagi masjid bersejarah di Pakistan, adalah Masjid Shah Jahan. Masjidnya sudah berdiri megah sejak tahun 1647. Pendirinya, yakni Shah Jahan sang maharaja Mughal.

Bangunannya baik di dalam atau di luar berwarna merah bata dengan ubin glasir berwarna biru. Menariknya, masjid tersebut dibangun Shah Jahan sebagai hadiah untuk masyarakat setempat yang baik kepadanya. Menariknya lagi, Shah Jahan jugalah yang membangun Taj Mahal di India.

Baca artikel seri masjid terindah di dunia sebelumnya:

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA