Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Apr 2021 03:14 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara Muslim Ini Punya Ibu Kota Tertua di Dunia

Bonauli
detikTravel
Suasana peninggalan sejarah kota kuno di Amman
Kota Amman di Yordania (Rachmadin Ismail)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Amman -

Kota satu ini tak hanya menarik tapi juga penting. Menjadi ibu kota tertua di dunia, inilah Amman di Yordania.

Yordania merupakan sebuah negara di Timur Tengah. Berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah timur, Yordania merupakan jantung peradaban kuno pada zaman dulu.

Dilansir dari berbagai sumber, Yordania memiliki penduduk yang mayoritas beragama muslim. Bahasa Arab menjadi pemersatu komunikasi, namun banyak yang sudah lancar bahasa Inggris di sana.

Yang akan kita bahas kali ini adalah Amman, ibu kota Yordania. Amman sendiri adalah adalah kota yang menarik. Kota ini masuk dalam daftar kota-kota tua dunia. Namun hanya Amman kota tua yang jadi ibu kota sebuah negara.

Suasana peninggalan sejarah kota kuno di AmmanSuasana peninggalan sejarah kota kuno di Amman Foto: Rachmadin Ismail

Mari mulai dari penampakan Kota Amman. Begitu menginjakkan kaki di Amman, kamu akan disuguhkan dengan arsitektur khas Timur Tengah. Bahan bangunan yang digunakan adalah limestone dengan bentuk atap kotak-kotak.

Hal ini berkaitan erat dengan munculnya peradaban di sana. Wilayah Amman mulai dibangun sejak era 7250 sebelum masehi. Ketika zaman kekuasaan Ammonites, Amman dikenal sebagai Rabbat-Ammon. Lalu ketika dikuasai oleh Graeco-Romawi dikenal dengan nama Philadelphia.

Terdiri dari 19 bukit, wilayah Amman terbentang sepanjang 1.680 km persegi. Karena peninggalan sejarahnya, Amman menawarkan banyak destinasi wisata. Mulai dari kawasan Amman Citadel, di mana terdapat Kuil Hercules, teater Roma, sampai gereja bizantium abad ke 6, sampai sisa-sisa bangunan masjid dan ruang tunggu para khalifah.

Tak jauh dari Citadel, ada juga masjid Al Hussein, masjid bergaya Ottoman yang dibangun kembali pada tahun 1924 oleh raja Abdullah bin Al-Husseini. Dulunya, masjid ini adalah bekas tapak sebuah masjid tua yang dibangun pada tahun 640 Masehi oleh Khalifah Umar bin Khattab.

Suasana peninggalan sejarah kota kuno di AmmanSuasana peninggalan sejarah kota kuno di Amman Foto: Rachmadin Ismail

Di wilayah Amman juga ada makam Bilal bin Rabah, sahabat nabi yang terkenal dengan kemampuan adzannya yang mempesona. Lalu, ada juga gua yang diyakini oleh masyarakat Yordania sebagai gua tujuh orang tertidur sebagaimana diceritakan dalam Al Quran surat Al Kahfi. Di gua itu juga terdapat sisa-sisa Romawi dan Bizantium.

Populasi di kota ini mencapai setengah dari jumlah populasi total Yordania. Iya, Amman memang cukup padat. Namun kota ini masuk dalam daftar yang teraman di dunia.

Tak jarang Amman menjadi lokasi perundingan negara-negara yang terlibat konflik. Indonesia bahkan pernah menggunakan Amman sebagai lokasi pelantikan konsul kehormatan RI di Palestina. Saat itu, Menlu Retno Marsudi dilarang masuk ke Palestina oleh Israel, sehingga akhirnya pelantikan terjadi di Amman.

Meski ibu kota tertua dunia, namun Amman kini sudah modern. Penduduknya pun sangat ramah terhadap wisatawan. Kasus dengan latar belakang agama pun terbilang jarang sekali disebutkan karena penduduknya yang terkenal dengan toleransi.



Simak Video "Polisi Bubarkan Paksa Demonstran Anti-Israel di Amman"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA