Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Mei 2021 21:29 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Desa yang Hilang di Italia Tahun 1950 Muncul Kembali ke Permukaan

Reruntuhan Desa Curon
Foto: Reruntuhan desa Curon (Louisa Azzolini/Twitter)
Curon -

Sebuah desa di Italia yang hilang terendam air, tiba-tiba muncul kembali ke permukaan. Reruntuhan desa yang hilang itu kini bisa dilihat traveler. Seperti apa?

Inilah kisah tentang desa Curon, sebuah desa di Tyrol Selatan yang berbatasan langsung dengan Austria dan Swiss. Desa kecil di Italia ini 'hilang' terendam air Danau Resia sejak tahun 1950.

Namun baru-baru ini, reruntuhan desa Curon kembali muncul ke permukaan akibat mengeringnya Danau Resia. Warga setempat pun bisa melihat sisa-sisa reruntuhan desa tersebut dengan lebih dekat.

Dari foto-foto yang beredar di media sosial, nampak dinding-dinding rumah kuno, tangga hingga sisa-sisa atap terlihat menyembul di permukaan tanah.

Salah satu warga setempat yang mengabadikan foto desa Curon, bernama Louisa Azzolini merasakan suasana sedikit 'aneh' ketika berjalan-jalan di atas reruntuhan bekas rumah warga desa Curon.

"Curon seperti yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya. Untuk alasan pemeliharaan, Danau Resia dikeringkan sementara dan sisa-sisa reruntuhan desa Curon pun muncul ke permukaan. Ada perasaan aneh ketika berjalan di antara reruntuhan rumah ini," kata Louisa.




Sebenarnya, menghilangnya desa Curon Italia tenggelam di dalam air bukanlah karena bencana alam, melainkan sengaja ditenggelamkan karena lahannya akan digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Glorenza yang menghasilkan 250 juta KWh listrik per tahunnya.

Tercatat ada lebih dari 160 rumah warga yang ditenggelamkan dalam danau Resia. Sementara desa Curon ditenggelamkan, penduduknya dipindahkan ke desa baru yang lokasinya tidak jauh dari desa sebelumnya.




Tenggelamnya desa Curon di danau Resia hanya menyisakan menara gereja dari abad ke-14 yang menyembul di tengah-tengah danau.

Pemandangan mengerikan danau Resia dan menara gereja di Italia itu pun menjadi inspirasi film serial bertemakan supranatural Netflix dengan judul 'Curon'.



Simak Video "Penembakan Brutal Terjadi di Italia, Bunuh Lansia dan 2 Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA