Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Jul 2021 13:24 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Thailand Dikenal dengan Sebutan Negeri Gajah Putih, Ini Alasannya

Putu Intan
detikTravel
Hari Gajah Nasional di Thailand
Foto: (dok AFP)
Bangkok -

Thailand punya beberapa sebutan atau julukan untuk negaranya. Salah satu yang terkenal adalah Negeri Gajah Putih.

Thailand dikenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih karena gajah putih memang satwa yang diagungkan di sana. Ini berangkat dari tradisi agama mayoritas Thailand yakni Buddha, di mana gajah putih punya peran penting dalam kelahiran Buddha.

Semalam sebelum Buddha lahir, ibunya yaitu Ratu Maya bermimpi diberi bunga teratai oleh gajah putih. Melalui mimpi itu, peramal mengatakan bahwa Ratu Maya akan melahirkan bayi yang spesial.

Dari kepercayaan itu, gajah putih kemudian diabadikan dalam bentuk simbol Kerajaan Thailand. Selain itu, bila traveler berkunjung ke Thailand, akan dengan mudah menemukan patung-patung gajah putih.

Penghormatan Thailand pada gajah juga dilakukan lewat festival khusus untuk menghormati gajah yang disebut Surin Elephant Roundup. Perayaan diadakan sebagai ucapan terima kasih atas peran satwa itu dalam membangun Thailand selama bertahun-tahun.

Festival ini ditandai dengan parade besar yang menghadirkan ratusan gajah. Di sana juga disediakan meja panjang yang berisi buah dan sayur untuk disantap gajah. Selain itu, gajah-gajah juga akan dibawa ke stadion untuk menghibur khalayak.

Gajah di Thailand pada zaman dahulu memang banyak diperbantukan untuk membuka lahan hingga menjadi kendaraan perang. Namun dewasa ini, gajah lebih sering terlihat di tempat wisata.

Selain punya julukan Negeri Gajah Putih, Thailand juga disebut sebagai The Land of Smiles atau Negara Penuh Senyuman. Julukan ini muncul karena orang Thailand dikenal dengan sikap ramah, sopan, dan selalu tersenyum saat berinteraksi.

Sebutan lain Thailand adalah Lumbung Padi Nasional. Alasannya karena produksi beras Thailand menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.



Simak Video "Demo di Thailand Ricuh, Polisi Tembakan Peluru Karet-Gas Air Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA