Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Jul 2021 17:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bagaimana Kondisi Iklim di Thailand? Ini Penjelasannya

Putu Intan
detikTravel
Sunset di pantai Thailand selatan
Foto: Getty Images/primeimages
Jakarta -

Thailand merupakan negara yang beriklim tropis. Ini penjelasan lengkapnya.

Thailand selama ini dikenal memiliki destinasi wisata yang menarik minat turis mancanegara. Daerah seperti Phuket atau Bangkok selalu dipadati wisatawan sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Salah satu faktor yang membuat turis betah melancong ke Thailand adalah iklim tropisnya. Di sana terdapat berbagai pantai yang cantik dan menawarkan kehangatan bagi penikmatnya.

Sama seperti negara di Asia Tenggara, Thailand memiliki iklim tropis karena letaknya yang tak jauh dari khatulistiwa. Negeri Gajah Putih itu berada di Semenanjung Indochina dan berbatasan dengan Myanmar, Laos, Malaysia, dan Kamboja.

Dengan posisi di daerah ekuator, Thailand mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun. Thailand menerima tekanan tiupan angin musim dari gurun-gurun Australia dan angin pasat dari daerah subtropis.

Ini juga yang menyebabkan akhirnya ada dua musim di Thailand yaitu kemarau dan hujan. Curah hujan dan kelembapan di Thailand tergolong tinggi. Musim hujan di Thailand biasanya datang di bulan Oktober-Januari.

Kembali ke soal iklim, menurut klasifikasi Koppen-Geiger, Thailand memiliki tipe iklim A (iklim tropis). Ciri-ciri iklim A adalah memiliki temperatur bulan terendah sebesar 18 derajat celcius dan curah hujan tinggi yakni lebih dari 60 cm/tahun.

Iklim A ini dapat dibagi lagi dalam tiga jenis yakni Af (iklim hutan hujan tropis), Am (iklim monsoon tropika), dan Aw (iklim sabana).

Jika ditilik berdasarkan tiga jenis iklim A ini, wilayah utara Thailand tergolong dalam iklim Aw. Ini artinya, wilayah tersebut mengalami periode musim kering yang panjang.

Sedangkan wilayah selatan Thailand beriklim Af di mana hujan bisa jatuh di semua musim. Itulah yang menyebabkan wilayah ini lebih lembab. Akan tetapi perbedaan antara wilayah utara dan selatan tak terlalu signifikan.



Simak Video "Demo di Thailand Ricuh, Polisi Tembakan Peluru Karet-Gas Air Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA