Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Agu 2021 20:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rumah Rp 16 Ribuan di Desa yang Wanitanya Cantik-cantik, Mau Beli?

bonauli
detikTravel
Maenza
Maenza (Maenza/Visit Lazio/CNN)
Maenza -

Sebuah wilayah bernama Maenza akhirnya mengikuti tren yang ada di Italia. Tren jual rumah terbengkalai dengan harga murah meriah ini semakin menjamur.

Maenza adalah sebuah kabupaten di Italia, dekat dengan Kota Roma. Ini menjadikan Maenza sebagai desa pertama yang dekat dengan Kota Roma dengan tren rumah murah.

Maenza merupakan tempat bersejarah. Di sana banyak rumah-rumah tua. Sebagian tidak terawat dan mulai rusak dan berpotensi membahayakan orang lewat. Nah, untuk melestarikan rumah tua itu, pemerintah setempat menyediakan lusinan rumah yang ditinggalkan dan mencari pemilik baru.

Itu sebagai bagian dari kampanye yang dibuat Wali Kota Meanza, Claudio Sperduti, untuk menghidupkan Meanza. Dia berharap "pakta untuk kelahiran kembali" kawasan itu bisa menjadi titik balik kehidupan baru.

Dilansir dari CNN, rumah-rumah di desa ini masuk dalam lokasi bersejarah. Perbukitan Lepini yang indah menjadi pemandangan utamanya.

Menurut catatan sejarah, desa ini dulunya didirikan oleh para gembala yang melarikan diri dari serangan penjajah. Kemudian desa ini berkembang dan masuk dalam Kekaisaran Romawi.

MaenzaMaenza Foto: (Maenza/Visit Lazio/CNN)

Dulunya desa ini juga terkenal karena kecantikan wanita-wanitanya. Bahkan namanya disebut sebagai neighborhood of the pretty women. Sebutan ini merujuk kepada masa lalu Maenza yang adalah Red Light District di zamannya.

Tapi kini lusinan rumah sudah ditinggalkan. Kebanyakan masih berukuran 50-70 meter persegi dengan bahan batu dan keadaan yang tidak baik namun juga tidak buruk.

Rumah-rumah ini dijual dengan harga Euro 1 atau sekitar Rp 16 ribuan. Sang wali kota ingin agar kampung halamannya ini mendapat angin segar dari pelancong.

"Tujuannya adalah untuk memperbaiki semua properti runtuh yang tidak digunakan dengan menghubungkan antara pemilik lama dan pembeli potensial dengan harga yang menarik," ujar Wali Kota Claudio Sperduti.

Rumah yang dijual baru sekitar 100 properti saja. Pembeli yang tertarik dapat langsung menghubungi balai kota sampai tanggal 28 Agustus ini.

Pelancong yang membeli rumah di Maenza, Italia harus berkomitmen untuk merenovasinya dalam kurun waktu tiga tahun. Kemudian ada deposit sebesar Euro 5.000 atau sekitar Rp 84 juta sebagai jaminan sampai renovasi selesai.Menilik rumah-rumah tua itu berukuran kecil, sekitar 50-70 meter persegi, biaya renovasi diyakini relatif murah.

MaenzaRumah murah di Maenza Foto: (Maenza/Visit Lazio/CNN)

Baca artikel selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA