Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Feb 2022 22:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sepi Tak Ada Penduduk, Ini 20 Kota Terbengkalai di Dunia (Bagian 2)

Kota terbengkalai
Foto: Houwtoan, China (Adobe Stock/CNN)
Jakarta -

Ada banyak kota yang terbengkalai di berbagai belahan dunia. Dahulu memiliki banyak penduduk tapi kini menjelma jadi kota hantu.

Berikut daftar 'kota hantu' berikutnya yang menarik untuk dikunjungi bagian kedua seperti dikutip dari CNN:

11. Tyneham, Inggris Raya

Penduduk Tyneham di daerah pedesaan Dorset diperintahkan untuk pergi meninggalkan desa ini oleh Kantor Perang Inggris pada bulan November tahun 1943. Saat itu mereka mengira bahwa akan kembali setelah Perang Dunia II berakhir, tapi ternyata tidak.

Tyneham kini berfungsi sebagai bagian dari lapangan tembak militer. Tempat ini terbuka untuk umum di akhir pekan dan hari libur tertentu.

Satwa liar sedikit mengambil alih Tyneham. Hewan-hewan itu memanfaatkan sisa ladang pertanian terdekat atau di tempat populasi manusia.

Kota terbengkalaiKota terbengkalai Foto: (Adobe Stock/CNN)

12. Ruby, Arizona

Kota ini ditinggalkan pada tahun 1441, setahun setelah tambangnya yang dahulu produktif ditutup. Ruby menjadi kota hantu yang paling terpelihara di AS.

Berlokasi dekat dengan perbatasan Meksiko, kota ini berkembang pesat pada tahun 1930 an. Populasinya yang berjumlah 1.200 sebagian besar berprofesi sebagai penambang emas, perak, timah dan seng.

Kini, Ruby dimiliki secara pribadi. Wisatawan yang datang akan membayar sekitar USD 15 untuk menjelajahi bangunan-bangunan terlantar bermil-mil dengan jalur gunung di kota ini.

13. Aritunga, Australia

Aritunga disebut sebagai kota resmi pertama di pedalaman Australia. Kota ini memiliki sejarah adat yang panjang sejak 20 ribu tahun yang lalu.

Kota ini dibangun pada tahun 1887 oleh pemukim Eropa untuk mencari emas. Ada populasi sekitar 300 orang pada satu tahap.

Meski mungkin untuk mengunjungi Aritunga, waktu terbaik jika ingin pergi ke sana adalah antara bulan April dan September saat cuaca lebih dingin. Kota ini terletak di sebelah timur Alice Springs di Nothern Territory.

Kota terbengkalaiKota terbengkalai Foto: (Adobe Stock/CNN)

14. Varosha, Siprus

Tujuan wisata yang pernah populer di kota Famagusta, Siprus ini ditinggalkan pada tahun 1974 saat invasi Turki Siprus. Varosha dibiarkan kosong sejak saat itu.

Blok apartemen dibiarkan runtuh. Jalanannya yang rusak dipagari.

Tapi, ada langkah untuk membuka Varosha kembali. Warga negara Turki dan penduduk Turki dan penduduk Siprus diizinkan untuk berkunjung saat pantai dibuka lagi pada tahun 2021.

Kota terbengkalaiKota terbengkalai Foto: (Adobe Stock/CNN)


15. Vorkuta, Rusia

Kota-kota dan desa-desa terbengkalai mengelilingi Vorkuta. Tempat ini berada di utara Arktik Rusia, menjadi tempat berkembangnya tambang batu bara yang begitu pesat pada masa lalu.

Pada tahun 1930 sampai 1960-an, batubara di sini pernah ditambang oleh tahanan di Gulag yang kejam dan terkenal di daerah itu. Lalu, di tahun-tahun berikutnya, para penambang pun tertarik datang ke sini untuk bekerja dengan gaji yang tinggi.

Saat penambangan berhenti setelah runtuhnya Uni Soviet, penduduk setempat pergi. Mereka meninggalkan serangkaian desa yang tertutupi es.

Kota terbengkalaiKota terbengkalai Foto: (Adobe Stock/CNN)

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA