Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Feb 2022 09:16 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Bangunan Tertua di UEA, Usianya 8.500 Tahun!

Arkeolog di UEA Temukan Bangunan Tertua! Usianya 8.500 Tahun
Foto: Bangunan berusia 8.500 tahun di UEA (Departemen Tourism and Culture Abu Dhabi/CNN)
Jakarta -

Sebuah bangunan tua ditemukan oleh para arkeolog di Uni Emirat Arab. Diperkirakan berusia 8.500, ini menjadi bangunan tertua di UEA.

Dikutip dari CNN Travel oleh Detik Travel, Jumat (18/2/2022) bangunan yang baru ditemukan tersebut ternyata 500 lebih tua dari pemecah rekor sebelumnya. Lokasinya terletak di Pulau Ghagha, sebelah barat kota Abu Dhabi, menurut Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi dalam siaran pers.

Arkeolog di UEA Temukan Bangunan Tertua! Usianya 8.500 TahunSebuah bangunan tua ditemukan oleh para arkeolog di Uni Emirat Arab. Diperkirakan berusia 8.500, ini menjadi bangunan tertua di UEA. Foto: (Departemen Tourism and Culture Abu Dhabi/CNN)

Struktur yang telah digali memilki dinding baru yang masih bertahan hingga ketinggian hampir satu meter. Tim program arkeologi departemen kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi menyatakan bahwa bangunan tersebut kemungkinan adalah rumah bagi komunitas kecil yang mungkin telah tinggal sepanjang tahun.

Ratusan artefak juga ditemukan, di antaranya panah batu yang digunakan untuk berburu. Menurut tim arkeolog, kemungkinan masyarakat setempat menggunakan sumber daya laut yang kaya.

Meskipun para arkeolog masih belum mengetahui pasti berapa lama pemukiman tersebut digunakan, ada sebuah mayat terkubur dalam struktur dan diperkirakan berusia sekitar 5.000 tahun.

"Penemuan di Pulau Ghagha menyoroti bahwa karakteristik, inovasi, keberlanjutan dan ketahanan telah menjadi bagian dari DNA penduduk wilayah ini selama ribuan tahun," kata Ketua Departemen, Mohamed Al Mubarak.

Sebelumnya rekor untuk bangunan tertua UEA diraih oleh Pulau Marawah. Di sana juga menjadi lokasi di mana mutiara tertua di dunia ditemukan pada tahun 2017.



Simak Video "2 Bangunan Tua Bersejarah di Wisconsin Hangus Terbakar "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA