Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Mei 2022 23:14 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kantor Pos Paling Terpencil di Dunia, Lokasinya di Tengah Gurun

Putu Intan
detikTravel
Kantor pos di tengah gurun
Foto: Oddity Central
Ulan Bator -

Mongolia memiliki kantor pos yang letaknya di tengah gurun. Orang-orang menyebutnya sebagai kantor pos paling terpencil di dunia.

Dilansir dari Oddity Central, Jumat (13/5/2022) kantor pos ini terletak di Gurun Tengger. Ukurannya tak besar, hanya 15 meter persegi.

Bangunan kantor pos itu terbuat dari kayu dan tampak tidak menarik. Kabarnya, hanya sedikit saja orang yang datang ke sana.

Sebelum viral, bangunan kantor pos itu memang sudah tak lagi difungsikan. Sekitar 35 tahun, kantor pos ini tak lagi melayani pelanggan. Kendati begitu, kondisi bangunan masih baik.

Karena melihat potensi dari kantor pos itu, sejumlah orang berusaha membangkitkan kembali bangunan ini. Pada akhirnya, kantor pos ini kembali beroperasi.

Pada Desember 2021, Kantor Pos Gurun Tengger Mongolia menerima lebih dari 20 ribu surat. Ini merupakan hasil dari usaha keras Ms. Zhang sebagai salah satu orang yang terlibat dalam revitalisasi kantor pos.

Kantor pos di tengah gurunKantor pos di tengah gurun. Foto: Oddity Central

Zhang bersama rekannya, Luo Meng, memiliki ide bisnis ghostwriting untuk orang-orang yang ingin mengirim surat serta kartu pos dari sana, tanpa benar-benar mengunjungi tempat itu.

Ide cemerlang dari Zhang rupanya menjadi sukses besar, khususnya selama pandemi COVID-19. Ini karena banyak orang yang tidak bisa melakukan perjalanan untuk bertemu orang-orang terkasih.

Tak menyangka bakal ramai, rekan-rekan Zhang di kantor pos hampir tidak bisa memenuhi permintaan daring dari orang-orang yang meminta kartu untuk dikirim ke seluruh Tiongkok, bahkan ke luar negeri seperti ke Singapura dan Australia.

Meskipun begitu, Zhang menilai menghidupkan kembali kantor pos terpencil merupakan sebuah petualangan. Pertama, Zhang dan Luo Meng harus meyakinkan sejumlah orang untuk membantu mereka membangun kantor pos itu kembali.

Kantor pos di tengah gurunKantor pos di tengah gurun. Foto: Oddity Central

Mulanya mereka berencana untuk membangun struktur kayu dan mengangkutnya ke gurun pasir. Akan tetapi itu cukup sulit untuk dilakukan.

Akhirnya mereka mengangkut bahan bangunan dan membangun kantor pos tersebut. Proses pembangunannya memakan waktu sekitar 20 hari.

Setelah proses pembangunan strukturnya selesai, Zhang bersama rekannya mengajukan aplikasi ke China Post. Setelah ditinjau, kantor pos itu berhasil menjadi salah satu dari 700 kantor pos di Tiongkok.

Setiap harinya, surat dan kartu pos ditulis di kantor pos itu, dihiasi dengan stempel pos khusus bertema gurun. Kemudian surat-surat serta kartu pos diangkut sejauh 10 kilometer ke jalan terdekat, lalu dijemput oleh truk pos untuk dikirim ke seluruh dunia.



Simak Video "Kontroversi Rektor ITK Sindir Manusia Gurun Pengucap 'Barakallah'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA