Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jul 2017 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tolong Jangan Kotori Bandungku

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Aksi pungut sampah dan kampanye oleh Clean Action (cleanaction/Instagram)
Aksi pungut sampah dan kampanye oleh Clean Action (cleanaction/Instagram)
Bandung - Sampah memang 'musuh besar'. Hal ini disadari oleh Clean Action, salah satu forum penggerak untuk memungut sampah di Bandung.

Sebagai mahluk yang dianugerahi hati untuk berempati dan otak untuk berpikir tidak ada salahnya kita meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan lingkungan. Masih banyak sampah bertebaran di sekitar kita.

Sudah sepatutnya kita belajar banyak bagaimana memperhatikan lingkungan dari Clean Action. Sebuah forum yang mengumpulkan aspirasi-aspirasi para penggerak lingkungan untuk action ke lapangan.

Dihubungi detikTravel, Kamis (27/7/2017) Clean Action pertama kali digagas oleh 6 orang aktivis dari berbagai bidang pada tahun 2014. Clean Action merupakan wadah aspirasi para aktivis untuk lingkungan Bandung.

"Clean Action bukan komunitas, namun kami adalah program. Maksudnya adalah Clean Action merupakan pemikiran para aktivis-aktivis yang ingin bergerak bersama. Dulunya sebelum tahun 2014 kan para aktivis bergerak sendiri-sendiri. Namun terbesitlah pada tahun 2014 untuk menyatukan pikiran dan pergerakan," jelas Hendra Talenta (42), pemegarang program kreatif Clean Action.

Clean Action tidak hanya sekedar memungut sampah di jalanan, namun mereka juga menyorakan kampanye dan melakukan pendekatan ke masyarakat.

"Kami ingin mengkampanyekan bahwa yang menjaga kebersihan tidak hanya kewajiban petugas kebersihan, namun kewajiban kita bersama. Dan hal ini dimulai dari membuang sampah apda tempatnya," tambah Hendra.

Clean Action biasanya melakukan aksi-aksi kampanye di setiap event-event yang diadakan di Kota Bandung. "Di Bandung kan sering tu ngadain event-event. Nah, biasanya jauh-jauh hari kita koordinasi dengan penyelenggara. Kalau diijinin kita akan kampanye lingkungan di situ," ujar Hendra.

Dalam kampanye lingkungan, Clean Action tidak hanya turun ke lingkungan, namun juga kampanye melalui media sosial dan radio. Clean Action tidak hanya fokus masalah sampah, namun mereka juga ikut mendukung udara bersih.

"Kami juga melakukan pendekatan ke masyarakat. Kami ikut berpartisipasi dalam program-program lingkungan di Kota Bandung seperti Jumat Bersepeda, Bandung Nightride, dan kami juga bekerja sama dengan beberapa radio untuk kampanye dan talkshow," katanya.

Hendra juga menjelaskan bahwa siapapun bisa bergabung dan menyampaikan pemikirannya di Clean Action.

"Kami mebuka pintu untuk siapapun yang ingin ikut aksi lingkungan. Di Clean Action, terdapat anggota yang memang mendedikasikan diri untuk Clean Action, dan ada juga yang bersifat relawan. Jadi siapapun yang ingin dedikasi ataupun jadi relawan, ayuk gabung aja," ungkapnya lagi.

Jadi traveler, jangan apatis terhadap lingkungan ya. Yuk kita jaga sama-sama. Mulailah dari buang sampah pada tempatnya! (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED