Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Mar 2018 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Aneka Kelakuan Turis China yang Bikin Geram

Shinta Angriyana
detikTravel
Orang-orang China saat mudik Imlek (REUTERS)
Orang-orang China saat mudik Imlek (REUTERS)
Beijing - Kelakuan turis China baik di dalam negerinya atau di luar negeri kadang bikin geram. Sampai-sampai, pemerintah China juga ikut-ikutan geram.

Sebenarnya, maraknya turis China yang banjir di berbagai destinasi dunia tidak selamanya buruk. China National Tourism Administration menyebutkan ada 127 juta turis China bepergian keluar negeri dan 4,88 miliar turis China jalan-jalan di negeri sendiri. Itu untuk tahun 2017 saja.

Mereka terkenal suka pergi beramai-ramai, serta menghabiskan uang dengan nominal yang besar, USD 126 miliar (Rp 1.734 triliun). Bahkan, Guinness World Record, salah satu pencatat rekor dunia pernah menobatkan turis China sebagai wisatawan yang paling banyak belanja atau Greatest Spending on Tourism. Tentunya, ini menjadi kabar baik bagi destinasi yang dikunjungi untuk mendapat devisa lebih besar.

Namun, bukan faktor pendapatan saja. Sikap mereka seringkali disayangkan, karena dianggap menganggu ketenangan umum. Berikut beberapa kasus yang pernah dilakukan turis asal Negeri Tirai Bambu:

Melempar Koin ke Mesin Pesawat

Seorang penumpang wanita berusia lanjut dari maskapai Lucky Air asal China, ditangkap oleh polisi karena sebuah mitos yang ia percayai dan dilakukan sebelum terbang. Ia kedapatan melempar koin ke mesin pesawat.

Wanita berusia 76 tahun tersebut melakukan ritual tersebut sebelum memasuki kabin pesawat di bandara di Anqing, China. Beberapa orang diketahui melihat perlakuan nenek tersebut dan melaporkannya kepada kru pesawat. Setelah ditanya, hal ini hanya dilandasi oleh kepercayaannya agar pesawat terbang dengan aman.

BACA JUGA: Sisi Positif dan Negatif dari Banjirnya Turis China di Dunia

Tenggak Alkohol Supaya Tidak Rugi di Bandara

2 Orang turis asal China menenggak habis minuman beralkohol selundupan yang mereka bawa di bandara dengan alasan tidak mau rugi.

2 Orang turis yang teridentifikasi bernama Wang dan Yang terpergok sedang membawa minuman beralkohol di dalam tasnya. Minuman itu berupa wine yang dicampur dengan bubuk tulang harimau. Mereka berdua percaya wine tersebut dapat menambah vitalitas pria dan berfungsi sebagai aprodisiak alias meningkatkan libido. Karena harganya yang mahal yakni 8.000 yuan atau setara dengan Rp 17,2 dan tidak boleh masuk pesawat, mereka memilih untuk menenggak habis minumannya.

BACA JUGA: Mobil Matik Kena Macet, Transmisi Jangan Ditahan di D

Menendang Lonceng di Tempat Ibadah Thailand

Di Chiang Mai, Thailand. Seorang turis pria ketahuan menendang lonceng doa yang dianggap sakral. Ia diketahui berasal dari China.

Turis berkemeja ini sempat berdiri lama dan memainkan sebuah lonceng dengan tangannya. Kemudian, tanpa disangka ia mundur selangkah dan menaikkan kaki serta menendang lonceng sebelum akhirnya berjalan tanpa rasa bersalah. Turis ini seperti merencanakan tindakannya. Karena ia tidak menendang lonceng yang di bawah melainkan lonceng yang di bagian atas. Sehingga tendangannya cukup tinggi dan cukup kencang.

Pakai Kartu Kredit Kedaluwarsa untuk memesan Hotel

Di Youtube pernah beredar video sekelompok turis China bikin rusuh hotel di Hong Kong, padahal mereka memesan kamar dengan kartu kredit kedaluwarsa.

Sebuah keributan di kawasan Tsim Sha Tsui, Hong Kong sempat heboh di dunia maya. Adalah turis China, ribut dengan pihak hotel karena kartu kredit yang digunakan untuk booking ternyata sudah kadaluwarsa. Mereka tidak terima dan malah menggedor-gedor kaca. Kejadian rusuh ini dilakukan 29 turis China saat mau bermalam di hotel. Mereka tak terima saat pemesanan kamar via kartu kredit ditolak.

BACA JUGA: Sistem Kredit Sosial di China Terinspirasi Serial 'Black Mirror'?

Buang Air Kecil Sembarangan di Tempat Umum

Terjadi di Mongkok, Hong Kong. Ini adalah destinasi wisata belanja favorit wisatawan. Kronologinya, seorang anak dari sepasang turis asal China pipis sembarangan di jalanan Mongkok. Melihat hal itu, beberapa warga Hong Kong langsung menegur dan menelepon polisi.

Turis China itu dianggap melanggar Public Cleansing and Prevention of Nuisances Regulation, karena anaknya pipis sembarangan. Sang orangtua mengatakan, ia tidak menemukan toilet, sehingga membiarkan anaknya pipis sembarangan. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

14 Kapal Pesiar Terbaik 2018

Jumat, 14 Des 2018 07:50 WIB

Wisata naik kapal pesiar, makin sering dilakukan wisatawan. Inilah daftar kapal pesiar terbaik 2018 versi Cruise Critic Editors' Picks Awards.