Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Jul 2018 18:42 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Mau Dapat Tour Leader Abal-abal

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (dok. Istimewa)
Foto: (dok. Istimewa)
Jakarta - Salah satu cara traveling asyik adalah ikut open trip. Tapi kita harus hati-hati, jangan sampai dapat tour leader abal-abal

Kisah lima orang yang ditinggal tour leadernya di Maroko sedang menjadi pembicaraan hangat di kalangan traveler. Bagaimanakah cara menyikapi dan memilih tour leader yang menawarkan open trip.

detikTravel menghubungi Indonesian Tour Leader Association (ITLA) dan berbicara langsung dengan Ketua Umum ITLA, Tetty DS Ariyanto, Minggu (15/7/2018). Tetty mengatakan untuk selalu teliti sebelum memilih jasa open trip apalagi soal profesionalitas tour leadernya.

"Kesalahan juga berasal dari wisatawan. Mereka tidak teliti memilih siapa yang akan memandu mereka selama perjalanan. Tentu itu menjadi kesempatan untuk orang tidak bertanggung jawab mengambil kesempatan lain," ujar Tetty.


Tetty juga menyampaikan kebanyakan traveler lebih mementingkan gaya-gayaan daripada ketelitian bepergian. Hingga beragam kejadian selama traveling tidak terelakan. Mereka mudah tergoda open trip murah tanpa memeriksa jejak rekam tour leadernya.

"Jangan langsung memilih dan tergoda dengan penawaran harga murah dan beragam kegiatan. Cari tahu dulu keberadaan jasa mereka. Kebanyakan dari kita jalan-jalan karena ingin gaya-gayaan, demi pamer, menunjukan popularitas saja. Sehingga kita lupa dengan hal yang penting yaitu hati-hati dan teliti," tambah Tetty.


Tonton juga 'Bangga! Pulau Jawa Peringkat Pertama Versi 'Travel and Leisure':

[Gambas:Video 20detik]

Dia juga menambahkan kejadian seperti barang tertinggal atau hilang, bahkan wisatawan ditinggal tour leader berawal dari kurang hati-hatinya wisatawan. Mereka tidak mencari tahu bagaimana kualitas tour leader dalam open trip yang mereka ikuti.

Tetty pun memberikan saran untuk menggunakan jasa tour leader yang terpercaya. Traveler jangan ragu menanyakan sertifikasi tour leader secara profesional. Jangan mau dibawa tour leader abal-abal.

"Jika menggunakan jasa tour leader dari ITLA baru saya bisa jamin, karena jelas sertifikasi dan tour leadernya," tutup Tetty.

Jangan Mau Dapat Tour Leader Abal-abal
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED