Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Jul 2018 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

ITLA Sebut Tour Leader Erwin Bukan Anggotanya

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Foto: (dok. Istimewa)
Foto: (dok. Istimewa)
Jakarta - Tour leader Erwin Aprianto menjadi sorotan karena meninggalkan 5 turis Indonesia di Maroko. Indonesian Tour Leader Association (ITLA) menyebutkan Erwin bukan anggotanya.

"Alhamdulillah bukan, Mas. Bukan anggota kita," kata Ketua Umum ITLA, Tetty DS Ariyanto saat dihubungi detikTravel, Rabu (18/7/2018).

Menurut Tetty, tour leader biasanya memiliki hubungan kerja dengan travel agent. Dimana tour leader membawa tamu yang membeli paket wisata. Tanda tour leader yang legal adalah memakai ID Card.

"Tour leader itu pakai ID Card. Kadang pakai ID Card dari perusahaan travel agent atau pake ID Card kita (ITLA-red)," jelasnya.

Sebelumnya, Himpunan Pramuwisata Indonesia juga mengatakan tour leader Erwin Aprianto bukan anggota mereka. Wakil Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD DKI Jakarta, Reyhan A Pattiwael, menyebut kalau tour leader bernama Erwin Aprianto tidak tergabung dalam organisasi HPI.

"Kalau dia itu dari Jakarta atau punya lisensi sejauh ini kita nggak pernah mendata punya anggota dengan nama atau inisial tersebut. Belum ada yang mengklarifikasi pada kami kalau dia adalah anggota kami," terang Reyhan.

BACA JUGA: Himpunan Pramuwisata Indonesia Sebut Tour Leader Erwin Bukan Anggotanya

Saat ini di media sosial ramai postingan tentang 5 traveler peserta open trip backpacker yang ditinggal oleh tour leader bernama Erwin Aprianto di Maroko. Uang mereka dibawa Erwin. Pihak rekanan juga mengeluh, Erwin juga hampir tidak membayar mobil sewaan.

Di dalam komentar forum-forum traveler disebutkan bukan sekali ini dia lari dari tanggung jawab. Sementara 5 tamu yang ditinggalkan, untungnya selamat dan sudah pulang sendiri ke Indonesia sambil dipandu KBRI Rabat.

Setelah menghilang pada tanggal 10 Juli 2018 di Tangier, Maroko, Erwin bisa dihubungi detikTravel pada Minggu, 16 Juli 2018. Erwin mengklarifikasi dan mengaku diculik orang. Erwin kemudian melapor ke KBRI Rabat dan kini ditampung di sana.


Menyusuri Mutiara Biru Maroko, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


ITLA Sebut Tour Leader Erwin Bukan Anggotanya
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED