Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Sep 2018 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kata Pemkab Gunungkidul Jika Status UNESCO Geopark Gunung Sewu Dicabut

Usman Hadi
detikTravel
Geopark Gunung Sewu (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)
Geopark Gunung Sewu (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)
Gunungkidul - Pembangunan peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu dinilai merusak alam dan status UNESCO-nya bisa dicabut. Ini tanggapan Pemkab Gunungkidul.

GM Geopark Gunung Sewu Budi Martono mengatakan, bukan tidak mungkin status geopark dunia di Geopark Gunung Sewu dicabut UNESCO. Hal itu mungkin terjadi apabila pemerintah tidak serius menjaga konservasi alam di geopark tersebut.

Komentar tersebut merujuk adanya peternakan ayam di kawasan Geopark Gunung Sewu, di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Peternakan ayam seluas 20 hektar yang digarap PT Widodo Makmur Unggas tersebut dinilai mengancam kelestarian geopark.

BACA JUGA: Rugi Besar Jika Status UNESCO Dicabut dari Geopark Gunung Sewu

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yakin kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi. Alasannya, peternakan ayam tersebut tidak menyalahi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dan diyakini tidak merusak lingkungan geopark.

"Saya kira kriteria-kriteria UNESCO, geosite-geosite sebagai tempat pendidikan, sebagai tempat pariwisata, sebagai pengembangan ekonomi masyarakat itu selama dipertahankan tidak masalah," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Irawan Jatmiko, Selasa (11/9/2018).

Pmbangunan peternakan Ayam di Geopark Gunung SewuPmbangunan peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu


Menurutnya, pembangunan peternakan ayam di Pacarejo sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan. Pihak pengelola, lanjutnya, kini sedang berupaya melengkapi dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) di Dinas PUP-ESDM DIY.

"Makanya, sebenarnya kuncinya di pengendalian lingkungannya," ungkapnya.

BACA JUGA: Bisakah Limbah Peternakan Ayam Merusak Geopark Gunung Sewu?

Sementara Bupati Gunungkidul Badingah juga yakin status geopark dunia di Geopark Gunung Sewu bisa dipertahankan. Sementara menanggapi adanya peternakan ayam yang dinilai mengancam geopark, pihaknya akan segera membicarakannya.

"Makanya itu kita mau mengadakan koordinasi dengan semuanya itu (instansi terkait)," pungkas Badingah.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED