Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Sep 2018 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Polemik di Geopark Gunung Sewu, DPRD Gunungkidul Angkat Suara

Usman Hadi
detikTravel
Foto: (Istimewa/Cahyo)
Foto: (Istimewa/Cahyo)
Gunungkidul - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul meminta pembangunan peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu dihentikan dulu. Belum ada IMB dan Amdal.

"Ya misalnya perizinan belum ada berarti itu (peternakan ayam di area Geopark Gunung Sewu) tidak diperbolehkan. Apabila perizinannya belum terpenuhi lho," kata Ketua DPRD Gunungkidul, Dhemas Kursiswanto saat dihubungi, Rabu (12/9/2018).

"Iya, iya (harus dihentikan). Kalau memang perizinan belum ada ya memang harus dihentikan dulu. Nanti juga (dampaknya) otomatis kaitannya dengan masyarakat di lingkungannya," lanjutnya.

Dhemas mengaku dalam waktu dekat akan meminta penjelasan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Gunungkidul. Dia ingin mengetahui apakah lokasi peternakan ayam yang menjadi polemik memang diperuntukkan sebagai kawasan peternakan.

"Kalau kaitan pengawasan kami juga nanti mengecek di perizinannya, sesuai kah dengan (tata ruang) kawasannya. Nanti kan juga kita lihat dari kawasannya. Itu sesuai dengan kawasan untuk peternakan atau tidak," jelasnya.

BACA JUGA: Pemkab Layangkan SP II ke Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu

Selain ke dinas terkait, Dhemas juga berencana berkunjung ke lokasi pembangunan peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu. Dia ingin melihat sejauh mana dampak sosial yang ditimbulkan atas keberadaan peternakan tersebut.

"Saya mengecek di perizinannya dulu, setelah itu kami juga ke lokasi. Yang jelas nanti kami lihat di masyarakat ada dampak sosialnya atau tidak," tuturnya.

"Yang penting bagi saya masyarakat merasa dirugikan atau tidak dengan keberadaan pabrik itu (peternakan ayam). Kemungkinan Hari Minggu saya mau mengecek lokasi," tutupnya.

Polemik di Geopark Gunung Sewu, DPRD Gunungkidul Angkat SuaraFoto: (Istimewa/Cahyo)


Sebelumnya, peternakan ayam yang digarap PT Widodo Makmur Unggas di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, menjadi polemik. Banyak aktivitas lingkungan dan akademisi mengkritik keras pembangunan tersebut.

Alasannya, lokasi pembangunan peternakan ayam berada di kawasan Geopark Gunung Sewu. Para aktivitas dan akademisi khawatir keberadaan peternakan ayam tersebut merusak kawasan lindung karst di sana.

BACA JUGA: Walhi Yogya Kecam Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED