Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Mei 2019 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Giliran Pasar Takjil Benhil Kena 'Sidak' Sampah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Sidak sampah oleh KLHK di Pasar Benhil Jakarta (Randy/detikcom)
Sidak sampah oleh KLHK di Pasar Benhil Jakarta (Randy/detikcom)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Pasar Takjil Benhil yang hadir tiap bulan Ramadhan selalu dinanti oleh traveler. Oleh sebab itu, pasar ini jadi lokasi sidak sampah oleh KLHK.

Masih dalam gelaran kampanye Ramadhan Bebas Sampah, hari Rabu ini (15/5/2019) pihak Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali melakukan sosialisasi sampah. Pasar Takjil Benhil di Jakarta pun jadi pilihan, setelah Pasar Modern Fresh Market Kota Wisata Cibubur kemarin.

Dimulai sejak pukul 15.00 WIB, pihak KLHK menggelar satu booth khusus dan melakukan sosialisasi langsung ke pengunjung Pasar Benhil yang tengah berbelanja dan mencari bukaan.

"Mekanisme kita saat ini untuk pengunjung yang langsung bawa tas belanja kita kasih tumbler. Yang masih pakai kantong kresek kita kasih goodie bag yang kita punya, sistemnya begitu," ujar Kasubdit Sampah Spesifik dan Daur Ulang KLHK, Ari Sugasri pada detikcom di lokasi.

Giliran Pasar Takjil Benhil Kena 'Sidak' SampahKasubdit Sampah Spesifik dan Daur Ulang KLHK, Ari Sugasri (Randy/detikcom)

Untuk setiap acara sosialiasi, KLHK pun membawa sekitar 300 tas belanja daur ulang serta 300 tumbler. Secara fungsi, sosialisasi ini dilakukan langsung di lapangan agar masyarakat lebih peduli akan isu sampah. Khususnya adalah sampah plastik.

"Untuk memberikan penyadaran bagi masyarakat agar masyarakat ini bisa lebih aware lagi terhadap plastik yang ada," ujar Ari.

Lebih lanjut, Ari mengatakan bahwa pihaknya tak anti plastik. Hanya saja ia menggarisbawahi soal perilaku masyarakat yang masih banyak memakai kantong plastik untuk sekali pakai saja. Hanya sore ini di Pasar Benhil, ia mendapati bahwa masyarakat sudah mulai peduli.

"Kalau kita lihat dari tadi ternyata lebih banyak tumblernya yang habis duluan. Artinya apa? Teman-teman masyarakat kita sudah mulai sadar budaya untuk tidak lagi bawa kantong. Saya lihat ibu-ibu sudah bawa kantong belanja sendiri," pungkas Ari.

Apabila semua berjalan sesuai rencana, pihak KLHK akan melakukan sosialisasi sampah di sembilan tempat yang mencakup pasar, rest area dan stasiun selama bulan Ramadhan ini. Kegiatan sosialisasi berikutnya akan di adakan di Pasar Modern Serpong pada 17 Mei 2019 mendatang.

Giliran Pasar Takjil Benhil Kena 'Sidak' SampahBooth KLHK di Pasar Takjil Benhil, Jakarta (Randy/detikcom)
(rdy/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA