Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Mei 2019 04:35 WIB

TRAVEL NEWS

Viral! Burung Ini Mati Karena Makan Sampah

Bona
detikTravel
Foto: (dok WWF)
Foto: (dok WWF)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Organisasi Non Profit WWF membagikan kabar sedih. Kali ini, seekor burung albatros mati karena isi perutnya penuh sampah.

Sebuah unggahan viral di Media Sosial Instagram. Postingan tersebut berisi foto seekor burung albatros yang perutnya di bedah, seperti yang diintip detikcom dari akun resmi WWF, Kamis (16/5/2019).

Sebelum lebih jauh, mungkin ada yang belum tahu soal albatros. Albatros adalah jenis burung besar yang hidup di lautan.

BACA JUGA: Kasihan... Penyu Ini Makan Sampah Plastik

Mereka adalah kelompok burung yang tinggal dalam koloni dan makan dari lautan. Makanan mereka adalah cumi-cumi, udang dan ikan-ikan kecil.

Bagaimana mereka berburu? Albatros menggunakan teknik menyelam untuk berburu makanan. Dari langit mereka akan terbang menukik tajam ke lautan jika sudah melihat buruannya.

Burung dalam postingan WWF adalah laysan albatros. Jenis ini hanya ada di Pasifik utara dan Hawaii.



Dari postingan tersebut diketahui burung laysan albatros bukan mati tanpa alasan. Setelah dibedah, nampaklah sampah dari perut burung tersebut.

Sampah tersebut berupa besi, kancing, kaca dan benda-benda plastik berukuran kecil lainnya. Rupanya burung ini mengira sampah-sampah tersebut adalah buruannya.

Caption unggahan tersebut menyebutkan fakta bahwa 8 juta ton sampah plastik masuk ke dalam lautan. Yang menyebabkan adanya risiko besar untuk burung migrasi seperti laysan albatros.

Kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi di sekitar kita. Karena sampah yang kita buang, penghuni bumi lainnya harus menderita bahkan mati.

detikcom masih akan terus mengingatkan traveler untuk tidak buang sampah sembarangan. Karena kita cuma punya satu bumi. Sayangi bumi juga berarti menjaga peradaban kita sampai ke masa depan.


(bnl/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA