Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Rentetan Kasus Bule Gembel di Indonesia

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Turis di Pantai Kuta (Gede Suardana/detikTravel)
Foto: Turis di Pantai Kuta (Gede Suardana/detikTravel)

FOKUS BERITA

Bali vs Turis Gembel
Jakarta - Kasus bule gembel tak hanya terjadi tahun ini saja. Telah ada beberapa kasus bule gembel yang kehabisan uang yang merepotkan pariwisata Indonesia.

Kasus bule gembel di Bali menyita perhatian beragam pihak. Mereka yang traveling dan kehabisan uang, kemudian mengemis meminta bantuan kepada penduduk lokal atau siapapun yang mau membiayai mereka.

Dirangkum detikcom, Senin (8/7/2019) fenomena bule kehabisan uang ini bukanlah yang perdana. Bule yang kehabisan uang, mengemis, mengais sampah hingga menumpang di truk juga ada.

1. Bule Bulgaria mengais sampah di Bali

Pada akhir bulan Oktober 2018, Toto bule asal Bulgaria kedapatan mengais sampah di Pantai Sanur Bali. Dia melakukan karena demi menghemat uang supaya dia dapat melanjutkan perjalanannya keliling dunia.


2. Ian luntang lantung di Tangerang

 (Haris Fadhil/detikcom) (Haris Fadhil/detikcom) Foto: undefined


Warga Jabodetabek juga sempat dihebohkan oleh bule yang luntang lantung di Tanggerang pada Maret 2018 lalu. Nama bule ini adalah Ian Whiteley, bule Inggris yang hidup luntang lantung di Tangerang, Banten.

Warga yang kasihan pun sering mentraktir ngopi di salah satu warung kopi. Ian pun menepis bahwa dia tidak hidup luntang lantung, dia hanya sedang mencari istrinya dan dia punya uang dari hasil pensiunannya. Ia mengaku diusir oleh istrinya.

3. Bule Selandia Baru Nebeng Truk ke Cirebon

(dok. Instagram TMC Polda Metro Jaya)(dok. Instagram TMC Polda Metro Jaya)


Pada tanggal 24 Februari 2018, dua orang Warga Negara Asing (WNA) asal Selandia Baru bernasib malang saat sedang pelesiran di Jakarta. Dua bule itu mengaku kehabisan ongkos saat hendak menuju Cirebon, Jawa Barat.

Seperti diinformasikan melalui akun Instagram TMC Polda Metro Jaya, dua bule itu ditemukan di tepi jalan. Kemudian polisi membantu WNA tersebut untuk sampai tujuannya ke Cirebon dengan menaiki sebuah truk.

BACA JUGA: Soal Turis Pura-pura Gembel di Bali, Harus Bagaimana?

4. Bule Ceko Tak Bisa Bayar Hotel

 (Dok Polsek Wiradesa, Pekalongan) (Dok Polsek Wiradesa, Pekalongan)


Pertengahan September 2017, dua bule Republik Ceko dan Slowakia kehabisan ongkos saat berada di Pekalongan, Jawa Tengah setelah berkeliling ke beberapa tempat wisata di Jawa Timur. Kedua turis bernama Nedomelel Petr, laki-laki asal Republik Ceko dan Bratska Jara perempuan asal Slowekia ini dari Jawa Timur berencana menuju Jakarta dengan bus.

Keberadaan dua bule ini diketahui petugas Kepolisian Resor Pekalongan, setelah mendapatkan laporan dari pihak hotel. Saat keduanya akan meninggalkan hotel ternyata mereka tidak mampu membayar.

Biaya hotel akhirnya digratiskan oleh pengelola. Selain itu, ongkos bus menuju Jakarta juga digratiskan. Polisi Pekalongan bahkan patungan untuk memberi uang saku bagi kedua bule tersebut.

5. Bule dengan kaki gajah di Surabaya

Foto: Turis di Pantai Kuta (Gede Suardana/detikTravel)


Pada September 2016 lalu, seorang bule asal Jerman Benjamis Holst ditangkap Satpol PP Surabaya karena kedapatan mengemis dengan mengadnalkan kaki gajah. Awalnya dia mengemis di Bali dan kemudian pindah ke Surabaya. Dalam sehari dia bisa mendapatkan Rp 1 juta. Namun uangnya dia gunakan untuk foya-foya.

BACA JUGA: Bule-bule Juga Sebal dengan Kelakuan Turis Gembel di Bali

Simak Video "Nggak Cuma Sekali, Ini Daftar Kasus Bule Bikin Onar di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)

FOKUS BERITA

Bali vs Turis Gembel
BERITA TERKAIT
BACA JUGA