Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Agu 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Ciremai Ditutup Tak Bisa Untuk Pendakian 17 Agustus

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi Gunung Ciremai (Sudirman Wamad/detikcom)
Ilustrasi Gunung Ciremai (Sudirman Wamad/detikcom)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Gunung Ciremai di Kuningan ditutup untuk pendakian 17 Agustus 2019. Penyebabnya adalah kebakaran hutan yang dinilai membahayakan.

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini ditutup pada awal bulan. Sebelumnya Gunung Gede Pangrango sudah pasti tertutup bagi pendaki yang ingin merayakan HUT RI, 17 Agustus 2019.

Penutupan Gunung Ciremai diumumkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, seperti dilihat detikcom, Kamis (8/8/2019). Gunung ini ditutup mulai dari tanggal (7/8) hingga waktu yang belum ditentukan karena kebakaran.

Kebakaran di Gunung Ciremai melanda hutan di sekitar Blok Goa Walet pada Rabu lalu pukul 13.00 WIB. Area kebakaran sendiri ada di wilayah puncaknya.

"Kepulan asap pertama kali terlihat dari arah Desa Argalingga, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Sementara itu petugas mengevakuasi semua pendaki dari jalur Apuy, Palutungan, Linggasana, dan Linggajati," ujar BTNGC.

Baca juga: Pengumuman! Pendakian Gunung Gede Pangrango 17 Agustus 2019 Ditutup

"Mempertimbangkan kejadian kebakaran hutan ini, BTNGC menutup semua aktivitas pendakian gunung Ciremai," imbuh dia.
View this post on Instagram

Kebakaran Melanda Area Puncak, Pendakian Gunung Ciremai Ditutup . Hari ini (7/8) pukul 13.00, berdasarkan laporan petugas lapangan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) telah terjadi kebakaran hutan di sekitar Goa Walet dan area puncak gunung Ciremai. . Kepulan asap pertama kali terlihat dari arah desa Argalingga, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. . Sementara itu petugas mengevakuasi semua pendaki dari jalur Apuy, Palutungan, Linggasana, dan Linggajati. . Mempertimbangkan kejadian kebakaran hutan ini, Balai TNGC menutup semua aktivitas pendakian gunung Ciremai. . Sampai saat informasi ini disebarkan, puluhan petugas gabungan dari Balai TNGC, MPA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan dan Majalengka serta unsur pemerintahan dan masyarakat lainnya sedang bergerak menuju titik api. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan pemadaman dan pemantauan api. . #sobatCiremai, tak ada pihak manapun yang menginginkan bencana kebakaran hutan terjadi. Namun bila sudah terjadi, apa boleh buat. Kita mesti bahu-membahu untuk mengatasinya. . So, ayo cegah dan stop kebakaran hutan sekarang juga. . [Teks & foto ©️ BTNGC | 082019] #klhk #ayoketamannasional #gunungciremai #cegahkarhutla #CiremaiZeroFire2019 #MPA #StopForestFire #polhut #pesonakuningan #pesonamajalengka #pesonaindonesia #wonderfulindonesia

A post shared by TN Gunung Ciremai (@gunung_ciremai) on Aug 7, 2019 at 4:41am PDT



Oleh karenanya, sebanyak empat jalur pendakian di atas ditutup untuk pendakian reguler. Pihak-pihak yang berkepentingan saat ini sedang bergerak untuk memadamkan api tersebut.

"Sampai saat informasi ini disebarkan, puluhan petugas gabungan dari BTNGC, MPA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan dan Majalengka serta unsur pemerintahan dan masyarakat lainnya sedang bergerak menuju titik api. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan pemadaman dan pemantauan api," jelas dia.

Semoga kebakaran di Gunung Ciremai segera teratasi dan tidak ada korban. Dan, gunung ini pun siap didaki saat 17-an nanti.

Baca juga: Mau 17 Agustus-an di Gunung, Kerinci Hingga Rinjani Buka Lho

Simak Video "Heli Water Bombing Siap 'Menyiram' Gunung Ciremai"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fay)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED