Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Sep 2019 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kata Panji Petualang tentang Ular Raksasa Terbakar di Kalimantan

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Facebook/Johan Michael Median Pasha)
Foto: (Facebook/Johan Michael Median Pasha)
Jakarta - Beberapa waktu lalu beredar foto ular raksasa yang terbakar di Kalimantan Tengah. Host terkenal Panji Petualang pun angkat bicara.

Kebakaran yang melanda Kalimantan Tengah tidak hanya punya efek untuk warga dan sekitarnya saja, namun juga kepada habita flora dan fauna di sana. Salah satunya adalah ditemukannya bangkai-bangkai ular yang terbakar.

Di sela musibah kebakaran ini, beredar foto ular besar yang mati terbakar di Kalimantan. Beragam spekulasi yang mengatakan bahwa yang ditemukan ini adalah ular raksasa. Namun, Muhammad Panji, atau lebih dikenal dengan nama Panji Sang Petulang dengan chanelnya tentang dunia reptil punya komentar lain.

Dilihat detikcom dari Instagramnya, Rabu (18/9/2019) Panji memposting foto ular yang dikatakan ular raksasa terbakar. Dia mengatakan bahwa ini bukanlah ular raksasa.

"Netizen geger terkait foto ular raksasa yang mati terbakar. Mengenai foto ular korban kebakaran hutan betul. Ini adalah ular sanca kembang / Reticulatus python," tulisnya di caption foto.
c

Dia juga mengatakan bahwa ular sanca kembang yang di foto memiliki panjang 3 meter. Dan kenapa terlihat besar di foto karena angle dari foto.

"Saya prediksi ukurannya hanya 3 meteran dan bukan ular raksasa. Pengambilan sudut foto tertentu membuat ular ini terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Btw kalo raksasa masak di iket tali plastic," lanjutnya.

Dari foto yang beredar di media sosial memperlihtkan seekor ular yang terbakar dan kepalanya digantung dan diikat dengan tali plastik. Netizen pun beramai-ramai mengatakan bahwa ini adalah ular raksasa.




Dalam penelusuran detikcom, sosok ular raksasa di pedalaman Hutan Kalimantan ini diabadikan oleh seorang warga bernama Johan Michael Median Pasha, yang kemudian diunggah lagi oleh akun instagram Garda Satwa Foundation dan jadi viral di kalangan traveler.

Oleh warga Kalimantan, ular berukuran raksasa ini disebut Tangkalaluk. Karena sosoknya yang misterius dan jarang dilihat orang, ular berjenis Piton itu sering disangka sebagai makhluk astral.

Padahal sebenarnya, ular ini bukanlah makhluk siluman atau jadi-jadian, tetapi ular sungguhan. Nama spesiesnya Malayophyton reticulatus.

Ular ini memang bisa tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa. Ular yang masuk dalam keluarga Phytonidae bisa tumbuh hingga mencapai panjang 10 meter, dengan berat mencapai 180 kilogram.







Simak Video "Karhutla di Konawe Terjadi Lagi, 5 Hektare Lahan Hangus "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA