Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2019 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Supersonik Komersial Segera Mengudara?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat supersonik AS2 (Foto: Aerion/CNN)
Pesawat supersonik AS2 (Foto: Aerion/CNN)
Jakarta - Era baru penerbangan pesawat supersonik mungkin sudah di depan mata. Tapi ada tiga tantangan yang mesti diatasi pencipta pesawat yang terbang lebih cepat daripada kecepatan suara itu.

Seperti diberitakan CNN, tiga tantangan tersebut adalah mengenai teknik, lingkungan, dan ekonomi. Contoh, pesawat Concorde adalah keajaiban aeronautika yang terbang terakhir 16 tahun itu hanya memenuhi unsur yang pertama.

Pesawat saat ini yang mampu terbang dengan kecepatan paling rendah masih memiliki kekurangan di bidang ekologi dan biaya operasional yang tinggi. Di masa sekarang, saat emisi karbon sedang dalam sorotan, dapatkah kita kembali ke penerbangan supersonik komersial yang benar-benar berkelanjutan, menguntungkan bagi maskapai dan produsen, dan terjangkau bagi penumpang?

Ada dua perusahaan AS yang sejalan dengan hal-hal di atas. Mereka berencana menyajikan pesawat supersonik ke pasar pada pertengahan 2020-an. Waktu perjalanan yang ditawarkan dari New York ke London hanya dalam tiga jam 15 menit.

Target produsen itu ada yang dari maskapai, yang lainnya adalah pasar jet eksekutif. Mereka berdua punya solusi berbeda di salah satu poin utama, yakni bagaimana mengelola suara ledakan sonik.

Pesawat yang kedua dapat Anda baca di tautan di bawah ini:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA