Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Des 2019 11:05 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk! Bersihkan Sampah di Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Harianto Nukman
detikTravel
Foto: (Harianto Nukman/detikcom)
Mataram - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani akan mengadakan kegiatan clean up. Buat traveler yang mau bergabung bisa ikut bersihkan area jalur pendakian sembilan.

Tim Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) yang berjumlah 8 orang akan mendaki melalui jalur Pelawangan Sembalun pada Selasa (17/12) untuk melakukan kegiatan clean up. Adapun tujuan dilakukannya clean up adalah untuk meminimalisir tumpukan sampah di area perkemahan.

Yuk! Bersihkan Sampah di Jalur Pendakian Gunung RinjaniFoto: Harianto Nukman/detikcom


"Kegiatan clean up sudah rutin dilakukan. Salah satu upaya untuk meminimalisir sampah," kata Kasubag TU BTNGR, Dwi Pangestu, Senin (16/12/2019).

Dwi mengatakan, standar operational procedur (SOP) pendakian di Gunung Rinjani diterapkan sejak Juni 2019 lalu. Kegiatan ini sangat efesien dalam mengurangi limbah sampah yang ada di sekitar area yang digunakan pendaki untuk mendirikan tenda.

Berbeda halnya sebelum terjadinya gempa bumi di Lombok tahun lalu yang sempat membuat jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup. Tak heran, jika kegiatan clean up ini minimal dilakukan setiap tiga bulan sekali.

"Iya, tapi sekarang beberapa hal yang dilakukan tahun ini setelah ada booking online diterapkan sop pendakian. Di dalam sop pendakian ada dicek barang bawaan termasuk sampah yang dibawa, ada penjagaan juga," ucap Dwi.

Bagi traveler yang mau ikut bergabung di kegiatan clean up besok, pihak BTNGR dengan senang hati menerimanya. Tapi biaya ditanggung traveler masing-masing.

"Kalau teman-teman volunteer mau ikut boleh juga asal biaya ditanggung sendiri," ujarnya.



Simak Video "Budaya Presean Sasak, Mataram"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA