Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Des 2019 21:20 WIB

TRAVEL NEWS

Perlu Tahu! Ini Kartu Wajib Traveler Saat Liburan ke Jepang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kartu Welcome Suica khusus turis untuk liburan di Jepang (dok JR East)
Tokyo - Mungkin ada traveler yang berencana liburan akhir tahun ke Jepang. Jika ya, maka kamu wajib beli satu kartu ini untuk segala transaksi di sana.

Negeri Sakura Jepang dikenal akan teknologi dan sistemnya yang serba terintegrasi. Kecanggihan itu pun dapat dinikmati oleh traveler lewat satu kartu elektronik Suica keluaran JR East yang serba bisa.

Identik dengan warna hijau mudanya yang khas, kartu Suica dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya sebagai media penyimpanan uang digital, kartu untuk transaksi pembayaran di stasiun kereta dan minimarket serta banyak lainnya.


Melihat ramainya turis yang liburan ke Jepang, tahun ini pihak JR East pun telah meluncurkan satu kartu Suica khusus untuk wisatawan. Hal itu pun diungkapkan oleh Yamamoto dari Divisi IT dan Bisnis JR East pada detikcom dan rombongan media MRT Fellowship 2019 saat berkunjung ke kantornya di Tokyo pekan lalu.

"JR East terbitkan kartu Suica untuk turis pada September 2019 lalu. Kartunya berlaku 28 hari setelah dibeli dan tak ada deposit," terang Yamamoto.

Yamamoto dari Divisi IT dan Bisnis JR East (Randy/detikcom)Yamamoto dari Divisi IT dan Bisnis JR East (Randy/detikcom)
Sesuai kata Yamamoto, kartu Suica khusus turis yang bernama Welcome Suica dengan desain bunga sakura oranye ini memang didesain khusus untuk turis. Berbeda dengan kartu Suica hijau biasa yang meminta deposit senilai 500 Yen (Rp 64 ribu), hal tersebut tak berlaku untuk kartu Welcome Suica.

Traveler pun tak perlu lagi antre di tempat refund untuk mengambil uang deposit mereka di lokasi yang disediakan sebelum kembali ke kampung halaman.

Punya beragam fungsiPunya beragam fungsi (Randy/detikcom)
Adapun, fungsi kartu Welcoma Suica juga sama dengan Suica hijau muda pada umumnya. Bedanya, saldo di kartu Welcome Suica tidak bisa di-refund sehingga baiknya dipakai hingga habis sebelum meninggalkan Jepang.

"Daripada uangnya hangus (saldo di kartu elektronik) mending untuk beli oleh-oleh," saran Yamamoto.


Lantas berapa harga kartu Welcome Suica? Ditengok dari situs Japan Times, harganya bervariasi dari 1,000 - 10.000 Yen (Rp 128 ribu - 1,2 juta) dengan jumlah saldo yang berbeda di dalamnya.

Kartu ini pun dapat dibeli di Bandara Haneda dan Narita, serta konter stasiun kereta dan pusat informasi turis.




Simak Video "Kapal di Selat Bali Adakan Lomba dan Atraksi Sulap di Atas Kapal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA