Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Mei 2020 21:14 WIB

TRAVEL NEWS

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dilengkapi Bilik Disinfektan

Femi Diah
detikTravel
Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pelataran tawaf Masjidil Haram. Namun, pembukaan pelataran tawaf ini bukan untuk jemaah umrah. Melainkan hanya untuk tawaf-tawaf sunah.
Foto: AP/Amr Nabil
Mekah -

Pemerintah Arab Saudi membuat bilik disinfektan di pintu masuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Bilik itu diuji coba mulai kemarin.

Bilik itu wajib dilalui jamaah yang akan memasuki masjid. Jamaah hanya perlu berhenti sekitar 1-2 menit dan akan disemprot cairan disinfektan dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Bilik itu berupa lorong pendek dengan dinding kaca. Jamaah memasuki bilik itu satu per satu.

Istimewanya, bilik disinfektan itu dilengkapi dengan alat untuk mengecek suhu badan seseorang dari jarak 6 meter. Yakni, berupa layar yang menunjukkan suhu tubuh lebih dari satu orang, bisa 25 orang, dalam waktu yang bersamaan dengan tempo satu detik.

Andai penggunaan bilik itu dinilai efektif, bukan tidak mungkin seluruh masjid di Arab Saudi bakal dilengkapi dengan bilik itu.

Hingga saat ini, masjid-masjid di Arab Saudi ditutup untuk umum karena pandemi virus Corona. Memang sudah ada rencana untuk segera membuka masjid itu. Tapi, pemerintah Arab Saudi belum memastikan tanggalnya.

Hingga saat ini, di bulan Ramadhan, pemerintah Arab Saudi tetap mengimbau agar masyarakat beribadah di rumah.



Simak Video "Kisah Pria yang Tawaf Seorang Diri di Masjidil Haram"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA