Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jun 2020 05:08 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Tunggu Lagi, Bangkitkan Pariwisata yang Berkelanjutan

Valerina Daniel
detikTravel
Fokus Turis Terdampar di Negeri Orang
Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2020, UN World Tourism Organization (UNWTO) mengeluarkan 'One Planet Vision for the Responsible Recovery of the Tourism Sector' sebagai penguatan terhadap pedoman UNWTO untuk memulai kembali pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Visi ini semakin menekankan pentingnya penerapan pariwisata berkelanjutan dalam kebangkitan pariwisata global agar lebih kuat menghadapi tantangan ke depan.

Indonesia sebagai negara yang menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber utama devisa negara, sudah saatnya mengimplementasi penuh pedoman pembangunan destinasi pariwisata berkelanjutan yang terangkum dalam Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016.

Konsep Holistik

Pariwisata berkelanjutan didefinisikan UNWTO sebagai pariwisata yang memperhitungkan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan saat ini dan masa depan, memenuhi kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan dan masyarakat setempat.

Konsep kepariwisataan ini merupakan suatu konsep holistik yang berupaya membentengi destinasi pariwisata agar dapat terus berlanjut meskipun ada tantangan. Dalam visinya, UNWTO menyatakan aspek keberlanjutan (sustainability) harus menjadi kenormalan baru (new normal). Apalagi dunia saat ini sedang dalam proses mencapai Tujuan Pembangunan Global dan Paris Agreement.

Maka diperlukan komitmen dan dukungan dari semua pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, swasta, akademisi, komunitas, dan media.

Kesehatan adalah Kunci..

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA