Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Jun 2020 07:47 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata TMII Buka 20 Juni, Jumlah Pengunjung Dibatasi

Putu Intan
detikTravel
Persiapan New Normal TMII
Taman Burung TMII. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan membatasi jumlah pengunjung menjadi setengahnya setelah buka mulai besok. Kebijakan itu diambil sesuai dengan SK Disparekraf dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

TMII mulai buka lagi pada Sabtu (20/6/2020) saat DKI Jakarta dalam status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Mau tak mau TMII harus mematuhi aturan seperti usaha pariwisata lain, yakni wajib membatasi kapasitas pengunjung hingga 50 persen dari kapasitas saat destinasi itu penuh.

Kepala Bagian Humas TMII, Sahda Silalahi, menyebut TMII akan mematuhinya. Artinya, TMII hanya akan menerima maksimal 20.000 pengunjung setiap harinya.

"Hari biasa jumlah pengunjung bisa sampai 40.000, kalau weekend sampai 50.000. Tapi saat ini kami batasi 50 persen, jadi hanya sekitar 20.000 pengunjung saja per hari," kata Sahda saat ditemui detikcom, Kamis (18/6/2020).

Persiapan New Normal TMIIWastafel disediakan untuk pengunjung TMII mencuci tangan sebelum masuk wahana. Foto: Putu Intan/detikcom

Selain jumlahnya dikurangi,Sahda juga menjelaskan tak semua pengunjung diizinkan untuk masuk TMII. Pengunjung yang berusia di bawah 5 tahun, di atas 60 tahun, dan ibu hamil diimbau tidak ikut serta berkunjung ke kawasan wisata edukasi itu. Selain itu, ia juga mengatakan, TMII belum menerima kunjungan kelompok dalam jumlah besar.

"Untuk sementara belum menerima rombongan seperti anak sekolahan yang biasanya banyak berkunjung ke TMII," ujar Sahda.

Di tahap pertama pembukaan 20 Juni 2020, TMII hanya akan membuka beberapa wahana saja seperti anjungan daerah, taman-taman, dan museum. Jam kunjungannya juga dibatasi yakni mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Persiapan New Normal TMIIBangku ditandai agar pengunjung TMII tetap menjaga jarak. Foto: Putu Intan/detikcom

Setiap pengunjung yang datang juga akan dicek suhu tubuhnya dan tidak boleh melebihi 37,3 derajat celcius. Kemudian pengunjung juga wajib untuk mencuci tangan dan mengenakan masker selama berwisata.

Di sejumlah titik, TMII telah menyediakan fasilitas cuci tangan, memberikan masker bagi yang tidak mengenakan masker, dan memberi tanda pada tempat duduk agar pengunjung tetap menjaga jarak. Pembelian tiket juga diimbau untuk dilakukan secara online melalui situs ticket.tamanmini.com untuk meminimalisir kontak fisik baik dengan petugas maupun pengunjung lainnya.



Simak Video "600 Petugas Gabungan Diterjunkan Perayaan Tahun Baru di TMII"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA