Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 16:18 WIB

TRAVEL NEWS

5 Fakta Paus Pembunuh yang Viral Terlihat di Biak Numfor

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
[b]Big Orca looking around[/b]
--- SEE MORE OF MY ORCA PICTURES ---
[align=
Foto: Ilustrasi paus pembunuh (Getty Images/sethakan)
Biak Numfor -

Kawanan Paus Pembunuh terlihat menampakkan diri di perairan Biak Numfor, Papua akhir pekan lalu. Berikut 5 fakta tentang paus pembunuh yang viral itu.

Akhir pekan lalu, seorang penyelam bernama Suseno berhasil mengabadikan momen saat kawanan Paus Pembunuh menampakkan diri di perairan Kampung Samber, Biak Numfor, Papua.

Paus pembunuh dengan nama latin Orcinus orca ini memang bukan hewan asli Indonesia. Namun paus pembunuh ini bisa saja berada di perairan tropis karena daya jelajah mereka yang sangat tinggi.


Berikut fakta-fakta tentang paus pembunuh yang dikumpulkan detikTravel, Selasa (23/6/2020) dari beberapa sumber:

1. Predator puncak

Traveler mungkin akan mengira bahwa Hiu adalah predator paling puncak di lautan. Namun ternyata, dugaan tersebut salah, karena sebenarnya paus pembunuh lah yang ada di puncak rantai makanan di lautan.

Paus pembunuh makan hampir semua jenis makhluk yang hidup di laut. Dari mulai anjing laut, singa laut bahkan paus sekalipun. Paus pembunuh bahkan mampu untuk memangsa Hiu Putih yang ganas.



2. Paus pembunuh bukan ikan

Paus pembunuh bukanlah ikan, karena sejatinya hewan ini masuk dalam golongan mamalia sama seperti manusia. Karena masuk ke dalam kelompok mamalia, maka dia bisa hamil dan juga melahirkan.

Paus pembunuh juga mengenal sistem pengasuhan anak. Sang ibu akan menyusui sang anak saat bayi. Namun ketika mencapai usia remaja, paus pembunuh muda akan pergi berkelana meninggalkan induknya.


3. Paus pembunuh adalah lumba-lumba


Yang sering salah kaprah di kalangan traveler adalah anggapan bahwa paus pembunuh adalah paus. Salah besar, karena paus pembunuh termasuk dalam keluarga lumba-lumba.

Paus pembunuh adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Panjang tubuh mereka bisa mencapai sekitar 5,5 meter hingga 9,7 meter, dengan berat bisa mencapai 6 Ton.



4. Hewan yang sangat cerdas

Seperti layaknya keluarga lumba-lumba, Paus pembunuh merupakan hewan yang sangat cerdas. Mereka diketahui memiliki bahasa sendiri untuk berkomunikasi satu sama lain.

Mereka juga punya kebiasaan berburu sendiri dan juga suka bermain-main. Kawanan paus pembunuh bahkan memiliki pola pengajaran dari sang induk ke sang anak yang diteruskan secara turun temurun, sama seperti manusia.


5. Persebarannya sangat luas


Paus pembunuh pantas jika mendapat julukan penguasa lautan karena mamalia ini memiliki persebaran yang sangat luas. Mereka bisa hidup hampir di semua perairan samudera, dari perairan dingin kutub utara maupun selatan.

Kemampuan itu berkat adaptasi paus pembunuh terhadap lingkungan yang sangat baik. Mereka bisa makan apa saja, serta hampir tidak ada hewan yang menjadi predator mereka. Nah itu 5 fakta-fakta paus pembunuh yang kemarin terlihat di Biak Numfor.



Simak Video "Paus Pembunuh Terlihat di Biak, Susi Pudjiastuti Sampaikan Harapan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA