Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Pertama Buka, Wisatawan Mulai Kunjungi Kebun Binatang Bandung

Siti Fatimah
detikTravel
Kebun Binatang Bandung dibuka
Kebun Binatang Bandung dibuka kembali (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Sejumlah objek wisata Kota Bandung mulai dibuka dan menerima kunjungan wisatawan di hari pertama adaptasi kebiasaan baru (AKB). Salah satunya destinasi kebun binatang.

Berdasarkan pantauan detikcom, di hari pertama pembukaan objek wisata Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden sudah menerima beberapa wisatawan. Rata-rata pengunjung masih berasal dari Jawa Barat.

Kebun Binatang Bandung dibukaKebun Binatang Bandung dibuka (Siti Fatimah/detikcom)

Salah satunya pengunjung asal Subang, Amalia Nuraini (32) mengatakan, setelah tiga bulan diam di rumah dirinya merasa wajib untuk mengajak anak-anaknya untuk bermain. Menurutnya, perbedaan bunbin sebelum dan setelah pandemi COVID-19 sangat terasa.

"Pilihannya ya ke kebun binatang ini, dulu waktu anak pertama masih 3 tahun belum ada corona otomatis pengunjung sangat banyak dan pelayanan ke pengunjung juga tidak optimal," katanya saat menceritakan pengalaman ke bunbin sebelum pandemi.

Kini, kata dia, penataan lebih nyaman dan teratur sehingga ia dan keluarga merasa aman untuk berkunjung ke Kebun Binatang Bandung. "Penataannya juga berbeda terlebih ada sosial distancing, lebih di atur lagi dan kita sebagai pengunjung juga lebih disiplin. Penataannya rapih dan beberapa tempat yang hewan jinak disatukan. Nyaman insyaallah aman," tambahnya.

Begitu pun dengan Siti Nuraliah (26) berasal dari Cimahi. Dia mendapatkan info pembukaan kembali bunbin ini dari media sosial.

Karena kondisi yang masih sepi, kata dia, perjalanan wisata bersama anak dan suami terasa lebih nyaman. Terlebih dengan protokol kesehatan yang lengkap.

"Udah ke berapa kalinya, baru sekarang bawa anak. Masih sepi banget terutama pas di depan. Kalau sekarang merasa lumayan aman, di depan ada cek suhu dan cuci tangan. Terus tadi dianjurkan pake masker juga ke anak," katanya.

Kebun Binatang Bandung dibukaKebun Binatang Bandung dibuka kembali (Siti Fatimah/detikcom)

Ditemui di tempat yang sama, Marketing Communication Bandung Zoological Garden Sulhan Syafi'i mengatakan, setelah tiga bulan lebih ditutup tanpa pengunjung satu pun pihaknya tidak terlalu optimis sampai ribuan.

"Dua ratus saja sudah syukur alhamdulillah. Karena kita juga trial, karyawan kita juga sudah terlalu lama libur. Terus kita melihat di depan kita ini atraksi satwa, mereka juga perlu berlatih.

Kebun Binatang Bandung dibukaBuka kembali dengan protokol New Normal (Siti Fatimah/detikcom)

Di hari pembukaan pertama, meskipun dengan jarak tempat duduk para pengunjung antusias menyaksikan satwa-satwa seperti burung kakak tua, angsa, landak, dan anjing noodle. "Atraksi ini menjadi satu-satunya fasilitas yang dibuka karena foodcourt masih belum boleh," kata Sulhan.

Protokol kesehatan juga sudah diterapkan seperti cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak antrian. "Petugas kita juga diupayakan selengkap mungkin, seperti petugas di depan pakai face shield dan sarung tangan," tambahnya.

Selama masa adaptasi kebiasaan baru, Kebun Binatang Bandung buka dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Dalam penyusunan kapasitas 30%, pihaknya menerapkan sistem buka tutup pengunjung.



Simak Video "Pemkot Bandung Tutup Lagi 4 Jalan Protokol"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA