Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Jun 2020 21:00 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Simulasi Pembukaan Kawah Ijen Ludes dalam 3 Jam

Ardian Fanani
detikTravel
Kawah Ijen
Kawah Ijen Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Tiket simulasi pembukaan TWA Kawah Ijen untuk tanggal 29-30 Juni 2020 ludes hanya dalam tempo tiga 3 jam. Hanya 450 pengunjung yang boleh masuk.

Animo pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen sangat tinggi. Terbukti, rencana simulasi pra kondisi tatanan baru atau new normal, jumlah pendaftar yang bakal mengunjungi kawah terasam di dunia ini sudah habis. Bahkan, menurut catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, dalam waktu 3 jam, tiket online gratis kunjungan ke TWA Kawah Ijen ludes.

"Sudah habis selama kurun waktu 3 jam. Kita buka kemarin siang langsung habis untuk 450 peserta," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda kepada detikcom, Minggu (28/6/2020).

TWA Kawah Ijen dibuka pada tanggal 29 dan 30 Juni 2020. TWA Kawah Ijen bakal dibuka hanya pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Pendaftaran pengunjung TWA Kawah Ijen, yang bakal menjadi pelancong perdana setelah tutup selama tiga bulan, dilakukan secara online melalui aplikasi Banyuwangi Tourism. Tak lama dibuka, pendaftaran langsung habis.

"Ini hanya simulasi. Dan kita menetapkan simulasi itu sebanyak 225 orang per hari. Mohon maaf mungkin yang belum daftar bisa lain waktu," dia menambahkan.

Tekait penilaian sertifikasi new normal terhadap TWA Kawah Ijen, Disbudpar tak hanya sendiri. Beberapa dinas dan stakeholder lain pun juga turut melakukan penilaian. Di antaranya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup. Termasuk dari BKSD dan beberapa tim penilai Sertifikasi New Normal.

"Jadi kita lihat langsung bagaimana persiapan TWA Kawah Ijen,"pungkasnya.

Kawah IjenPerjalanan menuju Kawah Ijen. Foto: Ardian Fanani/detikcom

Sebelumnya, Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi, Purwantono membenarkan dibukanya TWA Kawah Ijen untuk kegiatan simulasi pra kondisi tatanan baru atau new normal. Simulasi ini dilakukan untuk sebagai upaya sertifikasi New Normal dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi.

"Nantinya, setelah mendapatkan sertifikat New Normal, TWA Kawah Ijen diharapkan bisa buka setiap hari. Ada stiker dan sertifikat New Normal nantinya," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (27/6/2020).

"Artinya destinasi TWA Kawah Ijen sudah dianggap siap dan layak karena sudah memenuhi protokol kesehatan," tambahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Purwantono, pihaknya menyiapkan segala sesuatunya yang mendukung protap COVID-19. Diantaranya menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik, petugas mengenakan masker dan face shield dan sistem pembatasan kuota atau pembatasan jumlah pengunjung.

"Pengunjung juga wajib cuci tangan dan menggunakan masker," ujarnya.

"Kami batasi sebanyak 225 orang. Mereka yang mendaftar melalui Banyuwangi tourism app yang bisa diizinkan naik. Dan gratis," dia menjelaskan.



Simak Video "Tour Guide di Banyuwangi Harus Punya Sertifikasi 'Kebiasaan Anyar'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA