Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jul 2020 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama Kalinya, Anak Panda Raksasa Lahir di Korea Selatan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Panda pertama di Korea Selatan
Panda raksasa asal China melahirkan anak betina (Everland)
Jakarta -

Seekor panda raksasa asal China baru saja melahirkan anaknya di taman hiburan Everland. Bayi ini merupakan panda pertama yang dilahirkan di Korea Selatan.

Dikutip dari South China Morning Post oleh detikcom, ibu dari anak panda betina, Ai Bao berusia tujuh tahun saat melahirkan anaknya pada Senin malam (20/7). Dia mengandung pada bulan Maret setelah kawin dengan panda jantan bernama Le Bao yang berusia sembilan tahun, menurut otoritas Taman Hiburan Everland.

"Ai Bao dan bayinya dalam kondisi baik. Bayi panda lahir dengan berat 197 gram dan tinggi 16,5 sentimeter," kata pihak taman.

Panda pertama di Korea SelatanPanda pertama di Korea Selatan Foto: (Everland)

Taman Everland membuat tempat perlindungan khusus untuk bayi panda ini dan tidak akan diumumkan kepada pengunjung sampai sistem kekebalannya sepenuhnya berkembang dalam waktu beberapa bulan. Sementara perkembangannya akan dibagikan lewat foto dan video secara teratur. Ai Bao juga akan dipantau selama 24 jam setiap hari setelah dia mulai berperilaku tidak normal, tidak nafsu makan dan tidak tenang.

Ai Bao dan Le Bao adalah pasangan panda satu-satunya yang ada di Korea Selatan. Mereka pula lah yang menjadi daya tarik 9,5 juta pengunjung yang datang ke Everland.

Sepasang panda jantan dan betina ini berasal dari provinsi Sichuan China dengan pinjaman 15 tahun pada tahun 2016. Menurut kantor berita Yonhap, keputusan kota Beijing untuk meminjamkan mereka dinilai sebagai simbol baik untuk membina hubungan bilateral. Everland mengatakan, pihaknya memperkirakan bahwa anak yang lahir dari Ai Bao dan Le Bao nantinya dikembalikan ke China dalam waktu tiga atau empat tahun mendatang.

Tahukah travelers? Panda raksasa adalah salah satu spesies yang paling terancam di dunia. Panda betinanya hanya bisa mengandung setahun sekali selama satu hingga tiga hari pada bulan Maret sampai April. Hal ini membuat reproduksi menjadi sulit.

Tantangan selanjutnya adalah mendeteksi kehamilan panda, mengingat anak panda berukuran sangat kecil, hanya sebagian keci dari berat ibu mereka saat lahir. Mereka melakukan sebagian besar pertumbuhan mereka setelah dilahirkan.



Simak Video "My Trip My Adventure: Sensasi Lompat dari Tebing Apparalang 20 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA