Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jul 2020 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Bedakah Masinis Kereta Lokomotif dan KRL?

Bonauli
detikTravel
Masinis harus bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19. Yuk lihat cara kerja masinis di tengah pancemi COVID-19.
Kabin masinis di lokomotif (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Masinis kereta api tak seperti supir atau pilot. Bahkan, masinis lokomotif dan KRL saja tak bisa disamakan.

Traveler tahu apa bedanya kereta jarak jauh dan KRL? KRL menggunakan listrik sebagai daya, sedangkan kereta api jarak jauh menggunakan lokomotif sebagai penggeraknya.

Ini pula yang membedakan masinisnya. Masinis lokomotif tidak diperbolehkan untuk mengoperasikan KRL, begitu pula sebaliknya.

"Karena dari kabinnya saja sudah beda, alat pengoperasiannya juga beda," jelas Septian Widi Subekti, Masinis Muda di Daop Lokomotif Tanah Abang.

Masinis Kereta Api Jarak Jauh Widi saat bersiap akan bertugas di Depo Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Setiap masinis kereta api sebelum bekerja diwajibkan melakukan pemeriksaa kesehatan, assement pradinas, pengecekan kondisi lokomotif dan mematuhi standar operational prosedur dalam pekerjaan masinis serta protokol kesehatan.Masinis Kereta Api Jarak Jauh Widi saat bersiap akan bertugas di Depo Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Foto: Agung Pambudhy

Kabin masinis lokomotif adalah kepala penggerak dari rangkaian kereta api. Kabin menyatu dengan diesel dan berada terpisah dari gerbong penumpang.

Seperti kokpit, kabin masinis hanya tersedia dua bangku dengan komputer dan segenap tombol penyelaras daya. Telepon dan klakson pun tersedia.

"Untuk jadi masinis harus ada sertifikasi dan jam terbang, jadi enggak bisa langsung jadi masinis," kata Widi seraya tersenyum.

Yang membuat masinis spesial adalah penguasaan rute. Ternyata, tak seperti pilot yang bisa terbang ke mana saja, masinis cuma punya satu rute.

"Masinis itu hanya punya satu penguasaan jalur. Kalau saya misalnya dari Tanah Abang sampai Cirebon, berati tak boleh lewat dari stasiun Cirebon," dia menambahkan.

Ya, masinis kereta api jarak jauh ternyata berganti di setiap stasiun. Jam kerja masinis hanya 3-5 jam saja sehari. Meski terbilang sebentar tapi profesi ini membutuhkan fokus tingkat tinggi.

"Kami harus hapal satu jalur, semboyan-semboyannya dan naik turunnya trek kereta. Kecepatan yang diberikan juga harus sesuai dengan peraturan," dia mengungkapkan.

Kecepatan kereta api dipantau langsung oleh pusat kendali. Kecepatan tertinggi kereta api adalah 100 km/jam. Lewat satu angka saja, masinis akan langsung kena tegor oleh pusat kendali.

"Ini mengapa kami, masinis, harus benar-benar fokus," kata dia.



Simak Video "Ini Perbedaan Masinis KA Lokomotif dan KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA