Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Agu 2020 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

None Jakarta, Cerminan Kecantikan dan Kemajuan Pariwisata Jakarta

Putu Intan
detikTravel
None Jakarta 2019 Melliza Xaviera
None Jakarta 2019 Meliiza Xaviera. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Dalam mempromosikan pariwisata, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dibantu oleh anak-anak muda Abang dan None. Apa saja sih tugas mereka, yuk ngobrol bareng Melliza Xaviera, None 2019.

Selain dikagumi karena parasnya yang menawan, Abang dan None ternyata mempunyai segudang peran dan tugas yang harus dijalankan. Nah, untuk mengetahuinya, detikcom berkesempatan berbincang bersama None Jakarta 2019.

Perempuan berparas ayu dan bertubuh jangkung itu bernama Melliza Xaviera. Di usianya yang masih belia yakni 21 tahun, ia harus menjalani dua peran yakni sebagai None dan mahasiswi kedokteran di Universitas Indonesia.

Melliza, demikian ia akrab dipanggil, menjelaskan berbagai kewajiban seorang None Jakarta. Pekerjaan yang ia emban tak hanya menemani para pejabat Pemprov DKI Jakarta dalam acara-acara pariwisata tetapi juga dituntut aktif berpromosi.

"Kami memiliki peran sebagai duta budaya, pariwisata. Sejak tahun lalu, Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan sudah meminta Abang None itu untuk memiliki peran lebih juga. Jadi duta olahraga, investasi, dan ekonomi kreatif. Tapi lebih utama main dipromosi," kata Melliza.

None Jakarta 2019 Melliza XavieraNone Jakarta 2019 Melliza Xaviera (Foto: Rengga Sancaya)

Berbagai promosi pariwisata sudah ia lakukan, dari mulai dalam kota, provinsi, sampai mancanegara. Ia pernah terbang ke Los Angeles untuk memperkenalkan Jakarta ke dunia internasional.

Dari pengalaman Melliza Xaviera, masih banyak masyarakat asing yang belum mengenal Jakarta dan Indonesia. Sehingga melalui kesempatan itu, ia menjelaskan mengenai potensi-potensi wisata Jakarta baik dari wisata alam maupun wisata buatannya.

Selain aktif berpromosi, Melliza juga menjelaskan tugas None Jakarta lainnya yakni menjembatani antara masyarakat dan Pemprov DKI Jakarta. None Jakarta harus secara aktif berkomunikasi dan menyampaikan masukan masyarakat pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta.

"Misalnya saat saya ke Setu Babakan, ada masyarakat yang bilang ke saya, 'Non tolong, danaunya kurang bersih, minta tolong diajukan ke kepala dinas'. Itu bisa (saya sampaikan). Ibaratnya kita jadi wajahnya pariwisata Jakarta juga dan selain itu kita mempunyai akses lebih ke pemerintah," ujar Melliza.

Di luar penugasan-penugasan dari Pemprov DKI Jakarta, tidak menutup kemungkinan ada tugas lainnya yang harus dijalankan None Jakarta. Misalnya menjadi pembawa acara, melakukan fashion show, diundang sebagai juri atau pembicara.

None Jakarta 2019 Melliza XavieraNone Jakarta 2019 Melliza Xaviera. (Foto: Rengga Sancaya)

Itu sebabnya seorang None harus memiliki banyak kemampuan yang juga sudah dipersiapkan sejak masa pemilihan Abang dan None. Melliza menceritakan, ada proses seleksi dan karantina yang panjang sebelum akhirnya terpilih menjadi None Jakarta.

"Kami menjalani seleksi, pembekalan, pelatihan, semuanya ini kita diawasi oleh senior dan juri yang memiliki kelebihan masing-masing di berbagai sektor. Jurinya ada beberapa bagian, ada yang kebudayaan, pariwisata, etika dan busana, public speaking, public marketing, psikologi, dan pemerintahan. Kita harus tahu semuanya tentang Jakarta hingga pemerintahannya. Kita harus tahu situasi dan kondisi di Jakarta saat ini," ia menjelaskan.

Melliza sendiri menghabiskan waktu hampir 4 bulan dari mulai seleksi tingkat wilayah sampai provinsi. Kala itu ia menjalani seleksi di Jakarta Selatan lalu terpilih sebagai Wakil II None Jakarta Selatan 2019. Baru kemudian di tingkat provinsi, ia terpilih sebagai None Jakarta 2019.

Dengan adanya rangkaian proses tersebut, Abang dan None yang terpilih pastilah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadi wajah pariwisata DKI Jakarta. Namun bagi Melliza, tak hanya rupa yang penting untuk ditonjolkan seorang None Jakarta. Tapi, juga pengetahuan dan perilakunya pun harus baik.

"Brain, beauty, and behavior. 3B itu memang harus ada di hati, fisik, dan akal. Serta yang penting juga ketulusan dan rasa cinta pada DKI Jakarta," kata dia.



Simak Video "None Jakarta Bagi-bagi Tips Ikut Kontes Kecantikan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA