Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 10:05 WIB

TRAVEL NEWS

Jadi Duta Pariwisata Jakarta, Ini Bedanya Abang dan None

Putu Intan
detikTravel
None Jakarta 2019 Melliza Xaviera
Melliza Xaviera (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Abang dan None Jakarta memiliki peran sebagai Duta Pariwisata Jakarta. Sering menjalankan tugas berdua, apakah ada perbedaan antara peran Abang dan None?

None Jakarta 2019 Melliza Xaviera menjelaskan pada dasarnya tugas yang diemban Abang dan None adalah sama. "Tugasnya sama untuk mempromosikan budaya, pariwisata, tahu tentang investasi dan juga olahraga. Sebenarnya andilnya itu sama," kata Melliza kepada detikcom.

Sejak masa seleksi hingga karantina, poin yang dinilai pun tak dibeda-bedakan. Baik Abang maupun None diwajibkan memiliki aspek 3B yaitu brain, beauty, dan behaviour. Artinya, mereka harus memiliki pengetahuan, tampilan fisik yang baik, dan sikap yang baik.

Untuk mencapainya, Abang dan None diberikan pembekalan sejak masa seleksi dan karantina. Melliza mengungkapkan ada banyak hal yang harus mereka kuasai sebelum terpilih.

"Kami menjalani seleksi, pembekalan, pelatihan, semuanya ini kita diawasi oleh senior dan juri yang memiliki kelebihan masing-masing di berbagai sektor. Jurinya ada beberapa bagian, ada yang kebudayaan, pariwisata, etika dan busana, public speaking, public marketing, psikologi, dan pemerintahan. Kita harus tahu semuanya tentang Jakarta hingga pemerintahannya. Kita harus tahu situasi dan kondisi di Jakarta saat ini," Melliza menjelaskan.

None Jakarta 2019 Melliza XavieraNone Jakarta 2019 Melliza Xaviera. (Foto: Rengga Sancaya)

Setelah terpilih, Abang dan None selalu menjalankan tugas berdua. Perannya pun tidak dibeda-bedakan.

Kendati demikian, menurut Melliza terdapat perbedaan pendekatan ke masyarakat antara Abang dan None. "None pendekatannya lebih ke hati, ketulusan, lebih manis gitu. Kalau Abang biasanya lebih ke tegas," ujar Melliza.

Selebihnya, Melliza tak menemukan perbedaan signifikan yang terlihat selama mereka melakukan penugasan. Misalnya ketika melakukan promosi wisata Jakarta ke Hollywood dan Highland, Los Angeles, Amerika Serikat, keduanya menjalankan tugas yang sama. Pun saat berkunjung ke kampung-kampung untuk menjelaskan program pemerintah, Abang dan None Jakarta juga menyampaikan pesan yang sama.

[Gambas:Video 20detik]



(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA